Kami terus berupaya agar nasabah BTN dapat bertransaksi dengan nyaman dan aman selama perayaan Idul Fitri 2024
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menjamin tercukupinya kebutuhan dana tunai nasabah menjelang dan sesudah Hari Raya Idul Fitri 2024 dengan menyiapkan uang tunai senilai Rp39,44 triliun.

Selain alokasi uang tunai, Corporate Secretary BTN Ramon Armando mengatakan perseroan juga melengkapi layanan BTN Mobile untuk memenuhi dan mempermudah kebutuhan transaksi perbankan para nasabah saat Lebaran.

“Kami terus berupaya agar nasabah BTN dapat bertransaksi dengan nyaman dan aman selama perayaan Idul Fitri 2024,” kata Ramon dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Alokasi dana tunai nasabah selama momen Lebaran tersebut naik sebesar 1,3 kali dibanding kas normal harian yang saat ini mencapai Rp2,07 triliun. Peningkatan itu, jelas Ramon, sejalan dengan proyeksi peningkatan transaksi masyarakat selama Hari Raya Idul Fitri 2024.

Adapun dana tunai nasabah selama Lebaran dialokasikan untuk 19 hari kalender, terhitung sejak 1 April 2024 hingga 19 April 2024.

Ramon merinci, perseroan akan mengalokasikan 30 persen dari total dana atau senilai Rp11,83 triliun untuk pengisian mesin ATM BTN yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, sebesar 70 persen dari total dana atau senilai Rp27,61 triliun akan dianggarkan untuk kas pada seluruh outlet BTN.

Hingga akhir 2023, BTN tercatat memiliki 727 outlet konvensional dan syariah, serta 2.115 mesin ATM dan CRM (Cash Recycling Machine) di seluruh Indonesia.

Ramon menambahkan, BTN juga akan menjalankan operasional terbatas untuk sejumlah jaringan kantor perseroan pada periode libur Lebaran sehingga bisa tetap memenuhi kebutuhan nasabah atas layanan perbankan.

Dari sisi transaksi elektronik, nasabah juga dapat menikmati kemudahan pengambilan uang tunai tanpa kartu melalui aplikasi BTN Mobile.

Nasabah dapat menggunakan BTN Mobile untuk pembayaran utilitas publik, cicilan pinjaman, tagihan internet atau TV berlangganan, pembelian pulsa, hingga tiket pesawat, kereta api regular, dan kereta cepat.

“Aplikasi BTN Mobile memiliki layanan dan fitur lengkap yang terhubung dengan ekosistem perumahan, sehingga masyarakat dapat tetap bertransaksi dan mengakses informasi terkait KPR serta perumahan selama periode libur Idul Fitri,” kata Ramon.

Tidak hanya itu, BTN juga senantiasa menyiapkan portal atau halaman website yang dapat diakses masyarakat dalam mencari hunian baru atau bekas, sekaligus mengajukan KPR di manapun dan kapanpun.

Baca juga: LPEI perkuat sinergi perbankan dukung eksportir RI mendunia
Baca juga: BTN bagikan dividen Rp700,19 miliar
Baca juga: Erick Thohir menyoroti tantangan dan solusi hunian masa depan


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024