Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di Facebook menampilkan video Prabowo yang membantah menaikkan gaji guru.

Pengunggah juga mempertanyakan siapa yang mengatakan paslon nomor urut dua akan menaikkan gaji guru dan disertai video bantahan Prabowo.

Berikut narasi dalam unggahan 18 Maret tersebut:

“Siapa yg janji bahwa 02 akan naikan gaji guru? 

Pak prabowo jujur ngomong.

Pak wowo banta naikin gaji guru. Kandas harapan pengikutnya”

Namun, benarkah  Paslon 02 Prabowo-Gibran bantah naikkan gaji guru setelah terpilih di Pilpres 2024?

 

Unggahan yang menarasikan Paslon 02 Prabowo-Gibran bantah naikkan gaji guru setelah terpilih di Pilpres 2024. Faktanya, video tersebut merupakan saat pemilu 2019, Prabowo membantah menaikkan gaji guru hingga 20 juta. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video Prabowo bantah naikkan gaji guru serupa dengan unggahan YouTube KompasTV berjudul “Prabowo Bantah Akan Naikan Gaji Guru Hingga Rp 20 juta”. Dalam keterangannya dituliskan Calon Presiden nomor urut dua Prabowo Subianto membantah menjanjikan kenaikan gaji guru hingga 20 juta rupiah jika terpilih dalam Pilpres 2019.

Prabowo menjelaskan tidak ingin membohongi rakyat dengan umbar janji politik dan mau mengumbar janji soal gaji guru. Prabowo juga mempertanyakan sumber uang jika kenaikan gaji tersebut benar-benar terlaksana. Padahal, ia menuturkan, Indonesia berutang sebesar Rp 1 triliun per hari.

Namun, pada debat terakhir Pilpres 2024 (04/02), Calon Presiden Prabowo Subianto berjanji akan memperbaiki gaji guru, termasuk yang masih berstatus honorer, karena meyakini bahwa pendidikan merupakan isu strategis untuk pembangunan bangsa.

Selain itu, pasangan dari Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka itu juga berjanji akan meningkatkan kompetensi guru. Hal ini akan dia lakukan melalui pelatihan dan penataran bagi para pendidik.

Cek fakta: Hoaks! Risma beberkan Jokowi gunakan bansos Rp400 triliun untuk kemenangan Prabowo-Gibran

Cek fakta: Hoaks! Prabowo bagikan uang 5 juta dalam rangka Ramadhan kepada pendukungnya

Baca juga: Prabowo janji perbaiki gaji guru dan honorer

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024