OKU Timur pada tahun 2023 menyumbang 70 persen produksi ikan patin di  Sumatera Selatan (Sumsel),
Martapura (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur  menjadi daerah penyumbang produksi Ikan patin terbesar di Sumatera Selatan dengan jumlah sebanyak 43.013.90 ton per tahun.

"OKU Timur pada tahun 2023 menyumbang 70 persen produksi ikan patin di  Sumatera Selatan (Sumsel)," kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Timur, Yuniharyanto melalui Kabid Perikanan Dedi Irawan di Martapura, Rabu.

Dia mengatakan, pencapaian tersebut berkat kerja keras para Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) dalam membudidayakan ikan patin di  kolam dengan hasil yang sangat memuaskan.

"Hingga saat ini jumlah Pokdakan di OKU Timur berjumlah sebanyak 266 orang yang tersebar di 20 kecamatan," katanya.

Baca juga: Sumut potensial pengembangan budidaya perikanan air tawar

Selain Pokdakan, budidaya ikan ini juga dibantu dengan Kelompok Pengelola dan Pemasaran (Poklasar) sebanyak 10 kelompok serta  dua koperasi perikanan produk pakan di OKU Timur.

Bahkan, pada 2024 ini Diskannak OKU Timur telah melakukan survei untuk kampung perikanan budidaya modern yang menyasar seluruh kelompok pembudidaya di wilayah itu.

"Target kami produksi ikan patin terus meningkat setiap tahun sebagai bentuk hilirisasi yang diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten OKU Timur," ujarnya.

Ia menambahkan, berdasarkan data produktivitas budi daya ikan air tawar di OKU Timur menunjukkan hasil memuaskan mulai dari Ikan patin dengan produksi  43.013.90 ton per tahun, nila 3.681.97 ton, mas 810.65, bawal 1.058.80 ton, dan lele 6.822.36 ton/tahun.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024