Yogyakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto menemui pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al- Munawwir, Krapyak, Bantul, D.I Yogyakarta, Rabu, salah satunya membahas tantangan era digitalisasi bagi kaum milenial.

"Tadi saya berbicara dengan para tokoh agama, pimpinan Ponpes (Krapyak) terkait dengan era digitlisasi untuk kaum milenial," ujar Hadi usai bersilaturahmi dengan pimpinan Pondok Pesantren Al-Munawwir, Krapyak, Sewon, Bantul, D.I Yogyakarta, Rabu malam.

Kendati memiliki banyak sisi positif, Hadi menyebut digitalisasi membawa sederet dampak negatif dibuktikan dengan banyaknya generasi muda yang terjebak menyalahgunakan media sosial untuk penyebaran hoaks atau kabar bohong.

"Ini adalah tantangan bagi kita semua, khususnya Ponpes, nah di Ponpes Al-Munawwir inilah tempat untuk kita bisa membangun akhlak, bagaimana menyikapi era modern saat ini untuk tidak terjebak pada perbuatan-perbuatan yang merugikan," ujar dia.

Secara khusus, Hadi mengapresiasi pembelajaran akhlak di Ponpes Al-Munawwir yang dinilai mampu mengantarkan para santri menjadi sumber daya manusia (SDM) unggul menyongsong Indonesia Emas pada 2045.

"Indonesia Emas 2045 Insya Allah bisa terealisasi, kita sudah tidak lagi terjebak pada middle-income trap dan menuju upper income country. Ini adalah berkat kerja sama kita untuk menyiapkan SDM yang unggul khususnya di ponpes," tutur Hadi.

Selain menyambangi Ponpes Al- Munawwir, Krapyak, dalam rangkaian Safari Ramadhan pada Rabu (27/3) Hadi sebelumnya juga berkunjung ke Ponpes Syaichona Moh Cholil Bangkalan, Madura dan Ponpes Tebuireng, Jombang, Jatim.

"Kami terus menguatkan ukhuwah seluruh komponen bangsa lintas agama untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Kondisinya sangat kondusif, aman, sejuk," ucap Hadi Tjahjanto.

Baca juga: Menko: MUI berpengaruh dalam ciptakan suasana harmonis setelah pemilu
Baca juga: Menko Polhukam safari ke tokoh agama demi jaga situasi tetap kondusif

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024