Satgas RAFI bertujuan menjamin pasokan BBM, LPG, dan Avtur agar tersedia dengan baik di seluruh Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso memastikan seluruh subholding dan anak usahanya siap memenuhi kebutuhan energi seluruh pelosok negeri saat libur Idul Fitri dengan meluncurkan Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (RAFI).

“Satgas RAFI bertujuan menjamin pasokan BBM, LPG, dan Avtur agar tersedia dengan baik di seluruh Indonesia,” ujar Fadjar dalam acara bertajuk, “Energi Kebersamaan Buka Bersama Media” di Jakarta, Rabu malam.

Fadjar mengatakan bahwa Pertamina telah mengamankan stok minyak mentah, serta melakukan optimasi kapasitas pengolahan.

Secara keseluruhan, kata dia, kesiapan kapasitas pengolahan kilang telah mencukupi untuk produksi BBM guna memenuhi kebutuhan pada momen Ramadan—Idul Fitri.

“Kami ingin menyampaikan, mengimbau kepada masyarakat, tidak perlu khawatir terkait kebutuhan energi,” ucap Fadjar.

Di sisi pengangkutan minyak mentah dan BBM serta LPG yang digawangi PT Pertamina International Shipping, Pertamina telah menyiagakan 318 kapal tanker dan tambahan 8 vessel buffer selama periode Satgas RAFI 2024.

Ujung tombak bisnis hilir Pertamina, yaitu PT Pertamina Patra Niaga telah siap mengamankan stok nasional, baik produk BBM maupun LPG selama periode mudik dan libur Lebaran.

Selama masa Satgas RAFI, kata Fadjar, Pertamina menyiagakan lebih dari 7.400 SPBU, 723 SPBE, 61 Kiosk Pertamina Siaga, 54 Motorist, 281 Pertamina Delivery Service, 200 mobil tangki Standby, ribuan Agen LPG Siaga, 30 terminal LPG, Serambi Pertamina, dan lain-lain.

Layanan gas melalui PT Perusahaan Gas Negara Tbk juga telah siaga untuk menjaga keandalan dan penyaluran sektor gas bumi dengan aman dan optimal selama periode RAFI 2024, termasuk menjamin kesiapan pelanggan Jaringan Gas Rumah Tangga (Jargas).

“Karena nanti menjelang Lebaran pasti biasanya ibu-ibu di rumah pada masak, otomatis LPG dan jaringan gas harus dalam kondisi prima,” kata Fadjar.

Baca juga: Pertamina dan Bakrie Group kembangkan infrastruktur riset di IKN
Baca juga: Pertamina siagakan 30 mobil tangki BBM di lima kabupaten Papua Barat
Baca juga: Pertamina Hulu Energi targetkan lifting migas 2024 sebesar 742 MBOEPD

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024