Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan bersama Komisi V DPR melakukan peninjauan infrastruktur dan transportasi di Terminal Tipe A Purboyo, Kota Madiun, Jawa Timur, guna memastikan kesiapan jelang mudik Lebaran 2024.

“Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersama dengan Komisi V DPR RI hari ini melakukan peninjauan infrastruktur dan transportasi di Kota Madiun. Terminal Tipe A Purboyo merupakan salah satu infrastruktur transportasi yang ditinjau pada kegiatan ini,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Amirulloh dalam keterangan di Jakarta, Rabu (27/3).

Amirulloh menyampaikan peninjauan dilakukan untuk memastikan kesiapan terminal tersebut dalam melayani masyarakat selama masa angkutan mudik maupun arus balik Lebaran Idul Fitri 2024.

“Ditjen Perhubungan Darat menyelenggarakan Program Mudik Gratis angkutan bus pada masa angkutan Lebaran Tahun 2024/1445 H dan salah satu tujuan mudik gratis tahun ini merupakan Terminal Purboyo, Kota Madiun,” katanya.

Amirulloh mengatakan bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah melakukan revitalisasi di Terminal Tipe A Purboyo yang telah diselesaikan pada tahun 2023.

“Terminal Tipe A Purboyo nantinya akan dikembangkan lagi dengan melakukan pemisahan jalur ke barat (Jakarta) dan ke Timur (Surabaya), mengingat potensi pergerakan di Madiun ini sangat banyak," ujar Amirulloh.

Baca juga: Kemenhub pantau 51 bandara dalam angkutan udara mudik Lebaran 2024

Ketua Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR Sadarestuwati mengapresiasi perkembangan yang telah dilakukan di Kota Madiun, penataan kota yang bagus dan Terminal Purboyo yang sekarang menjadi megah.

"Diharapkan Terminal Tipe A Purboyo ini dapat memberikan pelayanan jasa transportasi darat yang nyaman dan aman serta menciptakan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kota Madiun," kata Sadarestuwati.

Lebih lanjut, Sadarestuwati berpesan kepada semua mitra kerja agar tidak berprinsip hanya pada pembangunan atau peningkatan suatu sarana dan prasarana, tetapi juga dapat memperhatikan pemeliharaan terhadap apa yang telah dibangun, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Madiun.

Baca juga: Kemenhub siapkan 66 kapal layani mudik Jawa-Sumatera

Sementara itu, Wali Kota Madiun Maidi berharap ke depan Kementerian Perhubungan dapat memberikan bantuan angkutan untuk mobilitas para pelajar, sehingga dapat meningkatkan tingkat pendidikan di Kota Madiun.

Peninjauan tersebut turut dihadiri Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw dan para anggota Komisi V DPR RI, Direktur Rumah Susun Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Aswin Grandianto Sukahar.

Selain itu juga dihadiri Kasubdit Terminal Angkutan Jalan Rudy Arya Iskandar, Kepala BPTD Jawa Timur Mangasi Sinaga, Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Madiun.

Baca juga: Kemenhub pastikan infrastruktur transportasi dukung kelancaran mudik

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024