Jakarta (ANTARA) - PT Daikin Airconditioning Indonesia (Daikin) memberikan wawasan terkait industri solusi tata udara kepada mahasiswa di dua perguruan tinggi di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), yakni Politeknik Negeri Padang dan Universitas Bung Hatta.

Daikin mengadakan sesi kuliah tamu di dua perguruan tinggi tersebut. Kegiatan tersebut menjadi bagian program Daikin Goes to Campus di Padang yang dimulai Rabu.

"Kami ingin berbagi wawasan terkait industri solusi tata udara yang menjadi spesialisasi Daikin sepanjang hampir satu abad ini. Melalui kegiatan kunjungan ke kampus, kami ingin membangun interaksi dan kolaborasi lebih baik dengan dunia pendidikan," kata Kepala Cabang Daikin Wilayah Pekanbaru dan sekitarnya Triyantomi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menjadi salah satu agenda tahunan, Daikin Goes to Campus dirancang untuk memperkuat kontribusi Daikin pada dunia pendidikan. Dalam pelaksanaannya, Daikin Goes to Campus mengunjungi secara simultan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia dengan fokus memberikan inspirasi bagi mahasiswa terkait dunia industri solusi tata udara.

"Kegiatan ini diharapkan akan memberikan inspirasi kepada para mahasiswa, memantapkan mereka dalam menghadapi dunia kerja profesional serta mendorong terbentuknya kolaborasi yang nyata antara dunia industri dan pendidikan. Hal ini tidak hanya penting bagi pengembangan kualitas siswa didik, tetapi juga bagi pertumbuhan inovasi yang menjadi kunci keberlanjutan industri di masa depan," ujar Triyantomi.

Di Politeknik Negeri Padang, yang menjadi titik awal Daikin Goes to Campus di Padang, sesi kuliah tamu berlangsung di Gedung Pekan Kreatifitas Mahasiswa. Lebih dari seratus orang turut serta dalam sesi tersebut dengan mayoritas peserta berasal dari Jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro.

Pokok bahasan utama dalam kuliah khusus itu meliputi pengetahuan dasar tentang pendingin udara (air conditioner/AC) terkait teknologi inverter, termasuk cara kerja komponen di dalamnya dan sistem heating ventilation and air conditioning (HVAC) beserta aplikasinya dalam kebutuhan hunian.

Penyampaian materi tidak hanya terbatas pada teori. Pemateri yang juga merupakan tenaga ahli dari Daikin memberikan kesempatan bagi peserta untuk berinteraksi dengan sesi tanya jawab sepanjang perkuliahan berlangsung.

Selain pokok bahasan utama, Daikin juga menyampaikan materi soft skill terkait manajemen waktu dan informasi seputar perusahaan dan peluang karir di Daikin.

Daikin mengharapkan kunjungan pada dua perguruan tinggi di Padang dapat memberikan manfaat yang nyata bagi mahasiswa.

"Dengan perkembangan pesat yang telah dan akan terus terjadi di sini, mahasiswa sebagai calon angkatan kerja muda perlu mempersiapkan diri dengan wawasan yang luas untuk dapat berperan aktif di dalamnya. Kami berupaya berkontribusi melalui pelaksanaan program Daikin Goes to Campus ini," ujar Triyantomi.

Baca juga: Daikin perluas pengetahuan mengenai solusi tata udara kepada mahasiswa
Baca juga: Daikin bersinergi dengan dunia pendidikan dukung pengembangan SDM
Baca juga: Daikin siapkan investasi Rp6 triliun untuk bangun pabrik di Cikarang

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024