Athena (ANTARA News) - Sedikitnya dua orang tewas dalam penembakan dari kendaraan yang berjalan di luar kantor partai berhaluan kanan Yunani, Golden Dawn, di Athena, Jumat, kata beberapa sumber kepolisian.

Serangan itu berlangsung ketika aparat pemerintah melakukan tindakan tegas terhadap partai itu setelah simpatisannya menikam tewas seorang penyanyi rap yang juga aktivis anti-fasis pada September.

Golden Dawn, yang menurut pengumpulan pendapat umum merupakan partai populer ketiga di Yunani, mengatakan di situs beritanya, kedua korban dalam penembakan itu berusia 20 dan 23 tahun.

Polisi belum memberikan penjelasan mengenai identitas korban dan rincian seputar penembakan tersebut belum diketahui.

Partai itu muncul dari ketidakjelasan agenda anti-imigran dan anti-pengetatan anggaran dan memasuki parlemen untuk pertama kali pada tahun lalu.

Panji-panji partai itu memiliki lambang seperti swastika dan pemimpinnya membantah terjadinya Holocaust atau pembunuhan massal orang Yahudi oleh Nazi, namun kelompok itu menyatakan bahwa mereka bukan neo-Nazi.

Partai itu membantah tuduhan melakukan kekerasan dan terlibat dalam pembunuhan penyanyi rap itu.

Pemimpin partai tersebut, Nikolaos Mihaloliakos, dan dua anggota parlemen senior diperintahkan ditahan bulan lalu sambil menunggu persidangan mereka atas tuduhan menjadi bagian dari kelompok kriminal, demikian Reuters.
(Uu.M014)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013