Changsha, China (ANTARA) - Changsha, ibu kota Provinsi Hunan, China tengah, pada Selasa (26/3) malam menggelar pertunjukan cahaya yang meriah untuk merayakan peringatan satu tahun pembentukan hubungan diplomatik antara China dan Honduras.

Bangunan-bangunan ikonik di sepanjang Sungai Xiangjiang di Changsha diterangi cahaya yang merefleksikan warna-warna bendera Honduras.

Acara ini sekaligus merayakan penandatanganan surat perjanjian niat tentang rencana pembentukan hubungan sister city secara resmi antara Changsha dan San Pedro Sula, pusat komersial dan ekonomi terbesar di Honduras yang terkenal dengan industri tekstil, gula, pembuatan bir, garmen, dan tembakaunya.

Zhou Haibing, wakil gubernur Provinsi Hunan sekaligus wali kota Changsha, mengatakan bahwa Changsha merupakan kota yang semarak, tempat budaya bersejarah dan gaya modern berpadu sempurna.

Zhou juga menuturkan, Changsha merupakan kota yang menawan di mana lanskap alam dan perkotaan berpadu harmonis, serta pusat tempat pengembangan industri dan sumber daya inovasi saling melengkapi.

Zhou juga mengaku optimistis tentang potensi besar kerja sama yang saling menguntungkan antara Changsha dan San Pedro Sula, serta mengungkapkan harapannya agar kedua kota dapat menulis babak baru dalam hubungan persahabatan mereka dan berkolaborasi menuju masa depan sejahtera melalui kerja sama saling menguntungkan.

Sebelumnya pada 26 Maret 2023, China dan Honduras menandatangani komunike bersama di Beijing tentang pembentukan hubungan diplomatik.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024