Dengan cara tersebut, maka kegiatan belajar-mengajar di sekolah dapat berlangsung dengan sistem online."
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI berencana menerapkan sistem pembelajaran elektronik atau electronic learning (e-learning) di sekolah-sekolah yang ada di wilayah ibu kota.

"Untuk merealisasikan impian menjadikan Jakarta sebagai kota pintar atau smart city, kita mau mulai terapkan e-learning di sekolah yang ada di Jakarta," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Guna mewujudkan impian tersebut, lanjut dia, Pemprov DKI akan mulai membangun sambungan fiber optic serta antena telekomunikasi mikro selular di sekolah yang ada di DKI.

"Dengan cara tersebut, maka kegiatan belajar-mengajar di sekolah dapat berlangsung dengan sistem online. Tadi kita sudah bertemu dan membicarakan hal ini dengan perusahaan fiber optic," ujar Basuki.

Dia mengaku telah bertemu dengan Direktur PT BIT Teknologi Nusantara terkait optimalisasi pemasangan sambungan fiber optic serta antena telekomunikasi mikro selular untuk menjadikan Jakarta sebagai kota pintar.

"Kita sepakat pemasangan sambungan fiber optic ini akan dilakukan di sekolah-sekolah secara gratis. Pihak perusahaan hanya minta disediakan ruangan berukuran 2x3 meter di setiap sekolah untuk meletakkan semua peralatan tersebut," tutur Basuki.

Dia mengungkapkan perusahaan tersebut juga telah melakukan koordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) DKI serta Dinas Komunikasi Informasi dan Komunikasi (Kominfomas) DKI Jakarta.

"Selanjutnya Dinas Kominfomas akan mempertemukan PT BIT dengan Dinas Pendidikan DKI untuk membicarakan detail perjanjiannya, termasuk berapa banyak sekolah yang akan dipasangi fiber optic tersebut," tambah Basuki.
(R027/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013