Saya mengapresiasi kerjasama antara BUMN dan swasta untuk bersama-sama mendukung pembangunan Knowledge Hub di IKN
Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyampaikan kolaborasi BUMN dan swasta strategis dalam pembangunan Knowledge Hub di IKN.

Kepala OIKN Bambang Susantono menyampaikan apresiasinya terhadap kolaborasi antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan sektor swasta yang telah mendukung pembangunan Knowledge Hub di IKN.

"Saya mengapresiasi kerjasama antara BUMN dan swasta untuk bersama-sama mendukung pembangunan Knowledge Hub di IKN. Kerjasama ini sejalan dengan semangat Ibu Kota Nusantara untuk menjadi 'a living lab,' atau sebuah laboratorium hidup bagi ilmu pengetahuan terbaru bagi pembangunan berkelanjutan," ujar Bambang di Jakarta, Kamis.

Kepala OIKN Bambang Susantono hadir dan menjadi saksi dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PT Pertamina (Persero) dan PT Bakrie & Brothers Tbk yang dilakukan oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati dan CEO Bakrie and Brothers, Anindya Bakrie.

MoU tersebut terkait pengembangan infrastruktur Shared Hub, serta penandatanganan Heads of Agreement (HoA) antara Pertamina New & Renewable Energy dan PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. untuk pengembangan bersama fasilitas Mobility as a Service.

Penandatanganan MoU tersebut merupakan salah satu hasil tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman antara Otorita Ibu Kota Nusantara dengan Stanford Doerr School of Sustainability, Standford University, California, Amerika Serikat pada Rabu, 15 November 2023 waktu Amerika Serikat.

Kolaborasi ini berfokus pada tiga aspek penting yakni pertama, Pengembangan Shared Hub Infrastructure, yang akan dibangun di lokasi strategis dalam kawasan Edutown IKN, menjadi komponen kunci dari Nusantara Knowledge Hub. Tujuannya adalah untuk menciptakan pusat pertukaran pengetahuan dan ekosistem inovasi terkait iklim.

Aspek kedua adalah Penelitian Mineral Kritis dengan Penerapan Kecerdasan Buatan, melibatkan studi mengenai mineral kritis yang esensial untuk ekonomi dan keamanan nasional. Penelitian ini akan mengadopsi teknologi eksplorasi canggih berbasis kecerdasan buatan untuk mendukung praktik pengelolaan sumber daya yang lebih berkelanjutan.

Serta aspek ketiga yaitu Penelitian Peta Jalan Terintegrasi, yang mana pendekatan terpadu ini bertujuan untuk memastikan keselarasan dengan prinsip menyeluruh pembangunan IKN sebagai "kota hutan" yang mengutamakan pembangunan berkelanjutan dan kehidupan yang harmonis dengan alam.

Bambang juga menekankan bahwa kerjasama ini adalah salah satu bentuk Knowledge Hub yang dibangun untuk menjadi tempat pembelajaran bagi masyarakat. Ibu Kota Nusantara didukung oleh lembaga-lembaga dalam negeri maupun internasional, serta telah menetapkan kerjasama dengan tiga universitas ternama dari Belanda.

OIKN berharap kerjasama dari berbagai pihak akan mendukung dalam mewujudkan Ibu Kota yang layak dihuni dan dicintai, seiring dengan moto Ibu Kota Nusantara, "Nusantara adalah Kita dan Kita adalah Nusantara."

Baca juga: OIKN dan BSI berkolaborasi dalam penyediaan perbankan syariah di IKN
Baca juga: OIKN: Pembangunan ekosistem startup dan UMKM penting di IKN

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024