Sebelum memasuki tahapan operasi, saya melaksanakan pengecekan kesiapan khususnya di wilayah Lampung ini
Lampung Selatan (ANTARA) - Kakorpolairud RI Irjen Polisi M Yassin Kosasih  memantau langsung persiapan pengamanan jalur mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, pada Kamis.

Ia mengatakan dalam kunjungannya di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, untuk memastikan kesiapan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Sebelum Operasi Ketupat dimulai Polri merencanakan tanggal 4 April hingga 16 April 2024 kurang lebih 12 hari. Sebelum memasuki tahapan operasi, saya melaksanakan pengecekan kesiapan khususnya di wilayah Lampung ini," kata Irjen Polisi M Yassin Kosasih, di Bakauheni, Kamis.

Ia mengatakan pihak ASDP dan Polda Lampung sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi untuk pengamanan di pelabuhan ini.

"Tadi saya juga sudah mendengarkan pemaparan dari General Manajer PT ASDP Cabang Bakauheni dan Polda Lampung terkait bagaimana untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pada mudik tahun 2024 ini," kata dia.

Baca juga: ASDP Cabang Bakauheni siapkan 66 kapal pada lebaran 2024

Dari hasil rapat kordinasi Polri, pihaknya memprediksi akan adanya lonjakan jumlah pemudik pada tahun 2024.

"Kemungkinan akan ada lonjakan peningkatan jumlah pemudik pada tahun ini dibandingkan tahun lalu, sekitar 50 atau 60 persen kenaikannya," katanya.

Oleh karena itu ia berharap para petugas khususnya di Pelabuhan Bakauheni untuk memastikan keamanan dan pelayanan bagi para calon pemudik.

"Harapan kami ya tentu tidak ada penumpukan kendaraan serta pelayanan Polri harus ditingkatkan lagi dan harus lebih baik lagi dari tahun sebelumnya," ujarnya. Pihaknya mengimbau kepada pengguna jalan tetap menjaga keselamatan dan keamanan demi  keselamatan dan kelancaran lalu lintas, sehingga warga yang menjalankan libur Lebaran 2024 dapat kembali ke rumah dan merayakannya dengan keluarga tercinta.

Baca juga: K9 Polri gagalkan penyelundupan 80 kilo sabu di Pelabuhan Bakauheni

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024