Dengan adanya kerja sama dengan Pemkab Sarmi, kami akan meminta data daerah mana yang belum dilistriki.
Jayapura (ANTARA) -
PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Jayapura di Papua terus mendorong penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Kabupaten Sarmi, mengingat daerah ini sangat cocok untuk energi terbarukan tersebut.
 
Manager UP3 Jayapura Yakomina Senandi, di Jayapura, Kamis, mengatakan untuk itu pihaknya sangat siap untuk berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Sarmi dalam memberikan penerangan yang merata bagi setiap warga di wilayah tersebut.

“Pada beberapa waktu lalu kami sudah resmikan penggunaan listrik di Kampung Samanente yang mana menggunakan pembangkit listrik tenaga surya, sehingga ke depan akan terus mendorong penggunaan energi terbarukan tersebut,” katanya pula.
 
Menurut Yakomina, pihaknya saat ini lebih mengutamakan energi terbaru yang ramah lingkungan.

“Untuk itu dengan adanya kerja sama dengan Pemkab Sarmi, kami akan meminta data daerah mana yang belum dilistriki,” ujarnya.

Dia menjelaskan kerja sama dengan Pemkab Sarmi sebagai wujud kehadiran negara dalam melistriki hingga ke pelosok Tanah Papua.

“Kami akan selalu berkomitmen untuk berupaya mendukung pemerataan listrik sebagai kebutuhan dasar masyarakat,” katanya lagi.
 
Penjabat Bupati Sarmi Markus Mansnembra mengatakan, hingga 2024 masyarakat di wilayahnya yang sudah mendapatkan fasilitas listrik baru 75 persen. Sedangkan di beberapa desa-desa yang masih gelap dan belum menikmati listrik sebagai penerangan.
 
“Sehingga kami bekerjasama dengan PLN UP3 Jayapura yang bergerak di bidang ketenagalistrikan untuk membantu masyarakat Sarmi dalam mendapatkan penerangan secara merata,” katanya lagi.
Baca juga: PLN pulihkan jaringan listrik usai kebakaran di Jayapura
Baca juga: Pemkab Jayapura harap PLN bantu rumah OAP teraliri listrik

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024