Makassar (ANTARA) -
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bulukumba mulai membuka pendaftaran penjaringan bakal calon kepala daerah jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024.
 
"Alhamdulillah PKS secara resmi membuka pendaftaran penjaringan bakal calon kepala daerah mulai 27 Maret 2024," kata Sekretaris DPD PKS Bulukumba Lukman Abdullah melalui keterangannya di Makassar, Kamis.

Pendaftaran penjaringan bakal calon kepala daerah di PKS Bulukumba diproyeksikan akan berakhir pada 16 April 2024 mendatang.

Ada tiga orang figur yang telah mendaftar di hari pertama, dan diharapkan ke depan akan semakin banyak yang mendaftar di PKS.

Lukman mengatakan durasi waktu yang diberikan relatif lama, dengan harapan figur-figur dapat ruang cukup untuk mendaftar di PKS.

"Kita target sampai selesai lebaran. Ada beberapa yang sudah komunikasi lewat telepon, tapi kami akan pastikan kalau mereka sudah datang di kantor," kata Lukman.

Lukman membeberkan ketiga figur yang sudah mengambil formulir PKS, dua di antaranya merupakan kader internal partai dan satu lainnya adalah non-kader.

"Pertama datang Ibu Isnayani, Anggota DPRD Provinsi Sulsel dari PKS. Selanjutnya ada Pak Haji Naim Gani, serta Akmad Irfan," ujar Lukman.

Menurutnya, saat ini eksistensi PKS dalam konteks perpolitikan Bulukumba, cukup kuat. Sebab, PKS berpeluang akan mengunci kursi pucuk pimpinan DPRD Bulukumba 2024.

"Artinya, jika tiket PKS diperoleh. Maka tak butuh banyak lagi incaran kursi di partai lain. Mungkin itu yang menjadi magnet beberapa tokoh melirik PKS untuk Pilkada Bulukumba," kata Lukman.

PKS Bulukumba berhasil menambah kursi pada pemilu legislatif (Pileg) 2024 lalu. Dari 3 kursi sebelumnya di 2019, PKS Bulukumba diproyeksikan meraih 7 kursi di tahun 2024 ini.

Dengan hasil ini, maka salah satu caleg terpilih PKS dipastikan akan menjadi ketua DPRD Bulukumba periode 2024-2029. Di sisi lain, jika mengantongi rekomendasi usulan PKS, maka bakal calon bupati (Bacabup) hanya membutuhkan 1 kursi tambahan lagi.

Pada Pilkada Bulukumba tahun 2020 lalu, PKS mengusung Andi Muchtar Ali Yusuf dan Andi Edy Manaf sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba.

 
 
 
 
 
 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024