Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan TNI AL menggelar Pesantren Kilat Ramadhan untuk siswa-siswi SMA/sederajat bertajuk Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi (Ekspresi) di atas kapal perang TNI AL, KRI Semarang-594.
 
"Alhamdulillah antusias calon peserta Kegiatan Ekspresi Ramadhan 1445 Hijriah sangat tinggi. Sehingga kegiatan tahun ini dapat diikuti 500 peserta yang terdiri atas 310 peserta laki-laki dan 190 peserta perempuan," kata Ketua Baznas Noor Achmad pada upacara pembukaan Ekspresi Baznas 1445 Hijriah di Dermaga Kolinlamil Jakarta, Kamis.
 
Noor mengatakan kegiatan Ekspresi Ramadhan 1445 Hijriah bertujuan memberi pengalaman kepada anak-anak milenial untuk melihat lebih dekat proses pengelolaan dan pendistribusian dana zakat langsung kepada masyarakat yang membutuhkan.
 
"Kegiatan Ekspresi Ramadhan 1445 Hijriah merupakan upaya edukasi sekaligus transparansi Baznas tentang dana zakat yang dikelola. Di dalamnya ada berbagai jenis kegiatan yang menggambarkan tentang pentingnya berbagi terhadap sesama," lanjutnya.
 
Kemudian, Noor memastikan kader-kader yang mengikuti pesantren kilat dalam kegiatan Ekspresi Ramadhan 1445 Hijriah di kapal perang milik TNI AL ini merupakan kader-kader NKRI yang juga memahami isi Al Quran.
 
"Karenanya, kami berharap kerja sama antara Baznas, BPKH, dan TNI AL dapat memberikan manfaat yang nyata di bulan suci Ramadhan melalui kegiatan pesantren kilat di atas kapal perang," ucapnya.

Baca juga: BPKH luncurkan pesantren kilat di kapal dalam program berkah Ramadhan

Baca juga: Disdik Bekasi ajak manfaatkan pesantren kilat tekan kenakalan remaja
 
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan program Ekspresi Baznas merupakan program terobosan yang diinisiasi Baznas bersama TNI AL di bulan suci Ramadhan.
 
"Program ini sudah dilakukan tahun lalu yang kemudian kembali dilanjutkan tahun ini. Program ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak muda tentang pentingnya ilmu agama," ujarnya.
 
Selain melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan, Laksamana TNI Muhammad Ali juga mengatakan peserta akan dikenalkan dengan kehidupan di atas kapal perang.
 
"Kami berharap, dengan program kerja sama ini dapat mencetak generasi muda yang mencintai negara dan dilandasi akhlak yang mulia, sehingga menghadirkan generasi emas Indonesia yang berbudi luhur," ungkapnya.
 
Sedangkan Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah berharap Ekspresi Ramadhan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi para peserta tentang pengelolaan dana haji, dana zakat, sehingga dapat melahirkan pemahaman yang komprehensif dan mendorong pengembangan ekonomi syariah dari kalangan milenial.
 
"Kami berharap, para peserta akan mendapat ilmu yang bermanfaat. Semoga agenda ini dapat melahirkan penerus penggerak perekonomian syariah di masa yang akan datang," ucapnya.

Baca juga: Ratusan anak di lapas Palembang ikuti pesantren kilat Ramadhan

Baca juga: Puluhan personel Yonarmed ikuti pesantren kilat kaji kitab dan tafsir

Baca juga: Baznas siapkan pesantren kilat di kapal TNI AL bagi anak muzaki

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024