Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo berkomitmen untuk memperbarui fasilitas olahraga di Cipayung, Jakarta Timur, untuk mendukung pengembangan cabang olahraga bulu tangkis.

"Kami berkomitmen didukung PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) untuk peremajaan dan modernisasi fasilitas di Cipayung," ujar Dito kepada wartawan setelah menghadiri acara Buka Bersama NOC Indonesia bertema "72 Tahun Menjaga Merah Putih Bersama Komite Olimpiade Indonesia" di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, dirinya sudah menyampaikan kepada pihak pengurus Persatuan Buluh Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) untuk menjadikan fasilitas olahraga di Cipayung sebagai pusat latihan dengan teknologi dan infrastruktur yang lebih baru.

Rencana pembaruan fasilitas itu, kata dia, sedang dalam tahap penggodokan dan sudah disetujui Presiden Joko Widodo.

"Insyaallah, Bapak Presiden juga sudah restu agar Cipayung menjadi training centre yang mumpuni," ujarnya.

Baca juga: Menpora dorong federasi ajukan diri jadi tuan rumah kejuaraan dunia
Baca juga: Menpora pastikan atlet Olimpiade tidak berlatih secara konservatif


Dito mengatakan, fasilitas olahraga di Cipayung merupakan aset yang sangat bagus sehingga Kemenpora ingin memaksimalkan lagi aset tersebut dalam mendukung pengembangan olahraga terutama bulu tangkis.

Lebih lanjut, menyinggung terkait fasilitas olahraga daerah-daerah lain di Tanah Air, ia mengatakan, terus mendorong terwujudnya pemerataan fasilitas utama seperti Gedung Olah Raga (GOR) di setiap daerah.

Ia mengatakan, beberapa daerah sudah memiliki GOR dengan kapasitas menampung 3.000-6.000 orang dan bisa dimanfaatkan sebagai arena untuk berbagai jenis olahraga seperti bulu tangkis, voli, basket, dan lainnya.

"Jadi nantinya maka bisa mencapai skala ekonomi yang nantinya bisa mendorong industri olahraga lebih menggeliat," katanya.

Baca juga: PBSI harap Indonesia miliki stadion pertandingan khusus bulu tangkis
Baca juga: PBSI harap tren positif di All England bisa berlanjut hingga Olimpiade
Baca juga: KOI sebut pelari Zohri dan Odekta dipastikan lolos ke Olimpiade Paris

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024