Karawang (ANTARA News) - Sebagian besar akses menuju objek wisata di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, kondisinya rusak dan perlu perbaikan, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karawang, Dadan Sugardan. Minggu.

Dadan mengatakan jalan akses menuju sejumlah objek wisata di Karawang tersebut sudah banyak dikeluhkan masyarakat. Jalan yang rusak adalah jalur menuju objek wisata Pantai Pakisjaya, Curug Cigentis, Candi Jiwa, dan lain-lain.

"Akses jalan menuju objek wisata itu perlu segera diperbaiki," katanya.

Ia juga optimistis mampu "mengarahkan" calon pengunjung objek wisata Kota Bandung dari Jakarta menuju Karawang, jika kondisi jalan yang menjadi akses menuju objek wisata itu bagus.

Sejumlah objek wisata di Karawang, kata dia, sebenarnya mampu bersaing dengan objek wisata di daerah lain. Tetapi karena aksesnya masih kurang bagus, hingga kini objek-objek wisata di Karawang masih didominasi pengunjung dari Karawang.

Menurut dia, masalah lain terkait dengan objek wisata di Karawang ialah sebagian besar lahan tempat wisata yang sepenuhnya bukan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, melainkan milik instansi lain.

Hal itu dianggap sebagai kendala dalam pengembangan tempat-tempat wisata di Karawang. Dicontohkannya, Curug Cigentis merupakan Perum Perhutani, kemudian tempat wisata Bendungan Walahar dan Situ Cipule milik PJT II Jatiluhur.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013