Boao, China (ANTARA) - Legislator tertinggi China pada Kamis (28/3) mengatakan bahwa pembangunan hijau dan rendah karbon China akan menciptakan peningkatan besar dalam pertumbuhan ekonomi dan mengembangkan pasar senilai 10 triliun yuan atau sekitar 1,4 triliun dolar AS untuk investasi dan konsumsi setiap tahun.

Zhao Leji, Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (National People's Congress/NPC) China, menyampaikan pernyataan tersebut dalam sebuah pidato utama pada upacara pembukaan Konferensi Tahunan Forum Boao untuk Asia (Boao Forum for Asia Annual Conference) 2024.

China akan berpegang teguh pada pembangunan hijau, ujar Zhao, seraya menambahkan bahwa pembangunan yang ramah lingkungan adalah ciri khas dari pembangunan berkualitas tinggi China.

Saat ini hampir setengah dari kapasitas pembangkit listrik fotovoltaik yang terpasang di dunia berada di China, lebih dari setengah kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) di dunia juga digerakkan di China, dan seperempat dari pertumbuhan area hutan baru di dunia berasal dari China, sebutnya.

"Kami sedang mempercepat upaya-upaya untuk mempromosikan pembangunan ekonomi dan sosial yang ramah lingkungan serta rendah karbon, dan akan terus berusaha untuk mencapai puncak emisi karbon dioksida pada 2030 dan mencapai netralitas karbon pada 2060," kata Zhao.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024