Beijing (ANTARA) - Festival Film Internasional Beijing ke-14 dijadwalkan akan berlangsung pada 18-26 April mendatang, dengan sutradara asal Serbia, Emir Kusturica, menjadi ketua dewan juri internasional untuk Tiantan Award.

Menurut pihak penyelenggara saat konferensi pers, Kamis (28/3), sebanyak 15 film akan bersaing untuk memperebutkan Tiantan Award tahun ini.

Ke-15 film tersebut diseleksi dari 1.509 film asal 118 negara dan kawasan yang telah mengajukan aplikasi, sebuah rekor baru untuk jumlah aplikasi terbanyak dalam ajang ini.

Brazil diundang untuk menjadi tamu kehormatan pada acara tahun ini, karena 2024 menandai peringatan 50 tahun terbentuknya hubungan diplomatik antara China dan Brazil.

Sejumlah sineas serta perwakilan perusahaan film dan televisi dari Brazil akan menghadiri festival tersebut, dengan serangkaian film Brazil akan diputar di Beijing.

Dalam festival tersebut, lebih dari 240 film domestik dan internasional dengan tema yang beragam akan ditayangkan di lebih dari 20 bioskop di Beijing serta dua wilayah tetangganya, Tianjin dan Provinsi Hebei.

Diluncurkan pada 2011, festival ini bertujuan untuk meningkatkan pertukaran antara para pemain industri global. Festival ini menarik perhatian internasional yang makin besar berkat pasar film China yang sedang berkembang pesat.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024