London, (ANTARA/PRNewswire) - Menurut penelitian baru oleh Omdia, rantai pasokan semikonduktor global diperkirakan mencapai sekitar $600 miliar selambatnya tahun 2024 setelah melakukan penyesuaian inventaris strategis dalam beberapa kuartal terakhir. Yang menggembirakan, industri semikonduktor memperkirakan perkembangan yang menjanjikan karena semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan kemampuan AI generatif sehingga mendorong permintaan baru di seluruh rantai pasokan. Berita ini diumumkan ketika analis Omdia bersiap menyampaikan wawasan mereka di Taiwan Technology Conference Omdia di Taipei pada tanggal 17-18 April 2024.

Sejak tahun 2023, industri semikonduktor global melakukan penyesuaian inventaris strategis karena tantangan makroekonomi yang mengakibatkan permintaan menjadi lebih rendah dari perkiraan dan penyesuaian inventaris menjadi lebih lambat. Simon Chen, Analis Utama di Omdia, akan berbagi wawasan tentang ketahanan industri ini dalam mengelola tingkat inventaris dan pendapatan tahun 2024. Sebagai bagian integral dari rantai pasokan semikonduktor, industri pengecoran pureplay mencerminkan pola yang mendasari dalam rantai pasokan semikonduktor. Omdia memperkirakan industri pengecoran pureplay akan bertumbuh sekitar 16% pada tahun 2024 karena permintaan berangsur-angsur pulih dan penyelesaian inventaris dari semakin banyak aplikasi.

Khususnya, kemajuan terkini dalam teknologi AI generatif telah menimbulkan minat yang besar di kalangan pelaku dan perusahaan teknologi besar, sehingga memicu lonjakan permintaan chip AI. Penelitian Omdia akan mengamati berbagai pertanyaan penting tentang lanskap masa depan teknologi akselerasi AI, di luar dominasi GPU, dan menyoroti dinamika persaingan saat ini maupun yang akan datang di bidang AI saat Taiwan Technology Conference.

Kata Analis Senior Omdia, Claire Wen, "Saat ini NVIDIA mendominasi pasar akselerator AI, khususnya untuk penggunaan komputasi awan dan pusat data. Di saat yang sama, penyedia layanan komputasi awan hyperscale seperti Google, Amazon, dan Microsoft sedang mengembangkan AI Application Specific Integrated Circuits (ASIC) sendiri untuk lebih menghemat biaya dan meningkatkan kinerja yang disesuaikan dengan beban kerja AI mereka yang unik. Penggunaan edge AI juga meningkat tajam, khususnya untuk komputer pribadi dan ponsel pintar AI, yang difasilitasi oleh ketersediaan model AI yang ringkas dan memungkinkan pelaksanaan aplikasi AI secara offline. Qualcomm terutama mencapai kemajuan di pasar Komputer Pribadi AI, dengan memanfaatkan pengalamannya yang luas dalam hal kemampuan AI dari bidang ponsel pintar."

Para profesional kawakan dari industri layar, industri elektronik konsumen, dan industri semikonduktor akan berkumpul di Taiwan Technology Conference Omdia yang sangat dinantikan pada tanggal 17-18 April 2024 di Taipei, Taiwan, di mana Simon dan Claire serta sejumlah analis Omdia akan menyajikan penelitian semikonduktor terbaru dari Omdia. Daftar di sini untuk memesan tempat Anda.

TENTANG OMDIA

Omdia adalah bagian dari Informa Tech, sebuah kelompok penelitian dan penasihat teknologi. Pengetahuan kami yang mendalam tentang pasar teknologi beserta wawasan kami yang dapat ditindaklanjuti memampukan berbagai perusahaan membuat keputusan yang cerdas tentang pertumbuhan.

Fasiha Khan: Fasiha.khan@omdia.com


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024