kehadiran polisi bukan hanya sebagai simbol namun juga menunjukkan keseriusan pihak Kepolisian dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama perayaan keagamaan
Jakarta (ANTARA) -
Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Twedi Aditya Bennyahdi turun langsung pada pengamanan peringatan Jumat Agung di Gereja Trinitas Ibu Teresia Lippo, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Jumat.
 
"Dalam rangka memastikan kegiatan peringatan Jumat Agung berjalan aman dan lancar maka kami telah turun langsung, " katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Twedi juga telah menginstruksikan kepada seluruh Kapolsek di Kabupaten Bekasi untuk menjaga keamanan di gereja-gereja yang berada di wilayah hukum masing-masing.
 
Selain itu menurut Twedi kehadiran polisi bukan hanya sebagai simbol namun juga menunjukkan keseriusan pihak Kepolisian dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama perayaan keagamaan.
 
Langkah proaktif Kapolres Metro Bekasi tersebut mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk jemaat gereja yang merasa lebih aman dan tenteram dalam menjalankan ibadah.
 
"Kami sangat menghargai kehadiran Kapolres dan Polisi dalam menjaga keamanan kami. Ini memberi kami ketenangan dalam merayakan peringatan Jumat Agung," kata salah seorang jemaat.
 
Twedi juga berharap dengan adanya pengamanan yang ketat dan perhatian langsung dari pihak Kepolisian, diharapkan peringatan Jumat Agung di seluruh wilayah Bekasi dapat berjalan dengan lancar dan damai tanpa adanya gangguan keamanan.
 
"Kami berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama dalam perayaan agama yang menjadi momen penting bagi umat beragama, " ucapnya.
 
Dalam kepercayaan umat Katolik, Yesus disalib pada hari Jumat. Itulah sebabnya hari itu disebut Jumat Agung. Selain itu, Jumat Agung juga dikenal sebagai Jumat Suci atau Jumat Hitam.
 
Jumat Agung adalah hari penting dalam kalender Katolik, karena menandai pekan Paskah dan puncak Pekan Suci. Jumat Agung merupakan hari berkabung dan refleksi bagi umat Katolik di seluruh dunia untuk mengenang pengorbanan Yesus Kristus dan penderitaannya di kayu salib.
 
Salah satu rangkaian acara Jumat Agung adalah pembacaan kisah sengsara Yesus Kristus yang dibawakan dengan nyanyian bernada khusus yang disebut Pasio yang dilanjutkan dengan prosesi penghormatan salib.
Baca juga: Polisi tilang 1.965 kendaraan bermotor di Jakarta karena lawan arah
Baca juga: Polda Metro Jaya kerahkan ratusan personel di dua gereja saat Paskah
Baca juga: Kasus tabrakan di Gerbang Tol Halim, Polisi panggil majikan sopir truk

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024