Jakarta (ANTARA) -
Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto mengecek pengamanan pelaksanaan Jumat Agung dalam rangkaian ibadah Tri Hari Suci Paskah di Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel, Jakarta, Jumat.
 
Hadi Tjahjanto tiba di GPIB Immanuel sekitar pukul 17.00 WIB dan langsung mengecek area gereja tersebut bersama sejumlah pejabat Polda Metro Jaya.

Saat mengecek, Hadi didampingi Ketua Majelis Jemaat GPIB Immanuel Pendeta Abraham Ruben Persang.
 
"Saya menyampaikan harapan bahwa ibadah ini bisa dilaksanakan dengan tertib dan aman," kata Hadi usai melakukan pengecekan.

Baca juga: Menko Luhut maknai Jumat Agung dengan kasih dan pengorbanan
 
Hadi memastikan sejauh ini pelaksanaan Jumat Agung yang dijalani umat Kristiani di Indonesia berlangsung aman dan kondusif.

Untuk itu, dia berharap prosesi ibadah itu dapat memberikan hikmah bagi masyarakat yang sedang merayakannya
 
"Situasi juga terus terpantau sangat kondusif, aman, sehingga masyarakat dapat melaksanakan kegiatan ibadah ini dengan khusyuk," katanya.
 
Menko Polhukam mengatakan aparat keamanan melakukan pengamanan dengan sistem terbuka dan tertutup, hingga melakukan patroli di dunia maya. Selain itu, aparat juga melakukan pengamanan di area-area publik lainnya.
 
"Patroli kita laksanakan di seluruh wilayah Indonesia, sampai hari Minggu nanti," katanya.

Baca juga: Katedral Jakarta sediakan 2.700 kursi untuk jemaat ibadat Jumat Agung
 
Sementara itu, Pendeta Abraham Ruben Persang mengucapkan terima kasih atas perhatian negara melalui adanya kunjungan dari Menkopolhukam tersebut.

Dia memastikan selalu menjaga hubungan baik dengan tempat-tempat peribadatan di sekelilingnya, seperti Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.
 
"Kami selalu membangun hubungan baik, dan terus berusaha untuk menggemakan pesan-pesan yang membangun, positif, untuk kehidupan masyarakat umat dan bangsa," kata Abraham.

Baca juga: Jokowi sampaikan selamat memperingati Jumat Agung untuk umat Kristiani
Baca juga: Ratusan jemaat ikuti prosesi Jalan Salib Jumat Agung di Katedral

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024