Jakarta (ANTARA) -
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto mengucapkan selamat merayakan Jumat Agung kepada umat Kristiani dalam rangka Hari Raya Paskah saat mengunjungi Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) Immanuel, Jakarta, Jumat.
 
Hadi Tjahjanto berharap pelaksanaan ibadah dalam hari raya tersebut berlangsung aman dan tertib di seluruh Indonesia, serta memberikan hikmat bagi umat yang merayakan.
 
"Keamanan dilakukan di seluruh Indonesia dengan cara patroli bersama, rapat koordinasi pihak terkait, khususnya TNI, Polri, Densus 88, BIN agar ibadah berjalan aman," kata Hadi dalam keterangan resminya.

Baca juga: Menko Polhukam cek pengamanan tri hari suci Paskah di Katedral
 
Mantan Panglima TNI ini juga menyampaikan pengamanan oleh aparat dilakukan secara berlapis sehingga diharapkan tidak terjadi hal-hal yang menjadi ancaman bagi umat dalam menjalankan rangkaian ibadah Paskah, yang puncaknya jatuh pada hari Minggu (31/3).
 
Dalam keterangannya, Menko Polhukam menjelaskan peninjauan ke sejumlah gereja telah dilakukan di berbagai wilayah Indonesia, termasuk sebelumnya melakukan peninjauan ke Surabaya dan Gereja Katedral Jakarta.
 
Menurutnya, peninjauan ke gereja itu dilakukan sebagai bentuk kesiapan dan memberikan rasa aman bagi penganutnya serta memupuk solidaritas sesama anak bangsa sehingga tercapainya harmoni dalam kehidupan berbangsa di tengah keberagaman.

Baca juga: Hadi sebut deteksi dini teroris terus dilakukan guna antisipasi teror
 
"Pengamanan gereja terbuka dan tertutup semuanya dari sektor apa pun sudah kami amankan, pengamanan di sosmed juga sudah kita amankan," katanya.
 
Sementara itu, Ketua Majelis Jemaat GPIB Immanuel Jakarta Pendeta Abraham Ruben Persang mengajak umat Kristiani membagikan cinta kasih serta perdamaian di tengah era disrupsi informasi yang saat ini terjadi.

Menurutnya, hal tersebut bisa dilakukan di lingkungan sekitar yang paling kecil. "Seluruh warga gereja diminta untuk sama-sama membangun suasana yang baik, hadir di tengah masyarakat yang paling terkecil," kata Abraham.

Baca juga: Menko Polhukam cek pengamanan Jumat Agung di GPIB Immanuel Jakarta
Baca juga: GPIB Immanuel ajak jemaat bangun suasana baik pasca-pemilu saat Paskah

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024