Banyuwangi (ANTARA News) - Para pebalap asing kembali berjaya dan memenangi etape ketiga lomba balap sepeda internasional "Banyuwangi Tour de Ijen 2013" menempuh jarak 113,7 kilometer dari Jajag menuju Genteng, Senin.

Kali ini giliran pebalap tim Aisan Racing Jepang, Shimpei Fukuda, menjadi yang tercepat menyentuh garis finis dalam adu sprint dengan catatan waktu 2 jam 55 menit.

Posisi kedua ditempati Mohd Shahrul Mat Amin dari tim Terengganu Cycling Malaysia dan Mariusz Wiesiak (Matrix Powertag Jepang) dengan catatan waktu yang sama.

Sementara pebalap Indonesia kembali gagal merebut podium setelah Projo Waseso (Jatayu Jateng) dan Aldi Afriani (Custom Cycling Club) berada di urutan keempat dan kelima.

Dominasi pebalap asing pada balapan Tour de Ijen telah berlangsung sejak etape pertama, Sabtu (2/11), yang dimenangi Jason Christie dari tim OCBC Continental Singapura.

Selanjutnya etape kedua sekaligus terpanjang pada Minggu (3/11), direbut pebalap tim Tabriz Petrochemical Iran, Mirsam Pourseyedigolakhair.

Balapan Tour de Ijen dilanjutkan etape terakhir pada Selasa (5/11) dan menjadi etape penentuan untuk perebutan gelar juara dengan menempuh jarak 166,3 kilometer dari Kalibaru menuju kawasan objek wisata Kawah Ijen.

Etape terakhir disebut-sebut sebagai rute tersulit dan terberat, karena para pebalap harus menaklukkan jalur tanjakan menuju finis di Paltuding yang memiliki ketinggian 1.876 meter di atas permukaan laut.
(D010/R010)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013