Jakarta (ANTARA) -
Kreator konten kecantikan Naila Dinillah mengatakan untuk memilih dan memakai riasan harus memperhatikan jenis dan warna dasar kulit agar warna yang dihasilkan berkesinambungan.

"Sebetulnya kita bisa lihat itu dari nadi, kalau nadi kita biru berarti kita cool kalau kehijauan lebih ke warm, itu kita juga harus nyoba-nyoba kalau warm kan lebih ke warna kulit yellow kalau cool lebih ke pinkish, kalau kita kulitnya yellow pakai pink nanti jadi abu-abu, nggak cocok," kata Naila saat ditemui media dalam acara Wardah Beauty Conference di Indonesia Fashion Week 2024 di Jakarta, Sabtu.

Naila juga menambahkan jika memiliki kulit berjerawat dan berminyak, ia menyarankan untuk tidak memakai highlighter terlalu banyak di bagian yang menonjolkan tekstur wajah seperti pelipis dan hidung.

Baca juga: Wardah bagikan inspirasi tampilan make up untuk hari raya

Hal itu karena highlighter akan semakin mempertegas tekstur wajah dan jerawat yang seringkali memiliki warna lebih jelas yakni merah atau hitam. 

Sebaiknya, gunakan concealer untuk menutup jerawat atau bekas hitam di wajah terlebih dahulu.

"Pasti kalau berjerawat itu bertekstur dan dia warna merah atau hitam, kita bisa kasih color correction, setelah itu kita bisa pakai consealer yang lebih full coverage," kata Naila.

Sementara itu, untuk mendapatkan hasil riasan yang awet, Naila menyarankan untuk tidak melupakan perawatan wajah atau skin preparation seperti pelembap, baik untuk yang memiliki wajah kering maupun berminyak.

Baca juga: Warna "earth tone" jadi tren make up untuk hari Lebaran

Pelembap tidak akan membuat riasan menjadi terlihat berminyak, justru membuatnya mempertahankan riasan dan tidak menyebabkan riasan pecah.

"Bisa pakai setting spray juga, dan yang penting pakai bedak kalau memang kulitnya oily dan butuh bedak banyak jangan pelit untuk ngebubuhin bedak," ucap pemilik akun Naila Cantika Mantulity ini.

Mengenai riasan yang cocok untuk berbagai jenis kulit, Naila mengatakan untuk mencoba tren riasan foxy eyes dengan eye shadow warna cokelat. Tren ini yaitu teknik riasan membubuhkan eye shadow dan dibentuk lancip di ujung mata dengan bantuan kapas atau cotton bud.

Baca juga: Riasan wajah yang ringan cocok digunakan selama Ramadhan

Riasan ini akan membuat mata menjadi lebih tegas, ditambah dengan perona bibir dengan pilihan warna yang lebih menyala, cocok untuk riasan ini.

"Jadi menurut aku kalau pakai foxy kan kayak ngangkat muka kita, setelah itu kita kasih pop up color di lipstik itu akan kasih kesinambungan yang cantik," tutup Naila. 

Baca juga: Benar kah skincare dalam make up bekerja efektif? Ini kata dokter

Baca juga: Tiga cara mudah agar perona pipi tahan lama

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024