Batam (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan event Batam Wonderfood Ramadhan (BWR) menjadi salah satu upaya dalam mendorong peningkatan perekonomian di bidang ekonomi kreatif serta pelaku UMKM.

Sandiaga setelah menutup kegiatan Batam Wonderfood Ramadhan (BWR) ke-5 di Batam, Sabtu mengatakan Batam Wonderfood Ramadhan merupakan salah satu dari empat event yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 di bulan Ramadhan.

Di bulan Ramadhan ini baru empat event yang masuk KEN, yaitu Batam, Aceh, Festival Arakan Sahur dan Ramadhan Fest, yang harus ditambah lagi, karena sudah dipastikan bisa menggerakkan ekonomi," kata Sandiaga.

Selain BWR, event Kenduri Seni Melayu (KSM) juga masuk dalam bagian KEN, yang diharapkan dapat menjadi dayang tarik destinasi wisata atraksi bagi pelancong yang berkunjung ke Kota Batam.

Jadi khususnya di Batam ini ada 2 event daerah BWR dan KSM, dan kami hargai komitmen pemda dalam hal ini. Mungkin 1 event nanti di Tanjungpinang, kita masukan event Ramadhan supaya kunjungan kita bisa makin banyak," ujar dia.

Dengan begitu, pihaknya berkomitmen untuk menambah lebih banyak event-event di Kepri pada saat bulan Ramadhan, termasuk Festival Ramadhan di Kabupaten Bintan dan beberapa event yang menjadi daya tarik unggulan wisata religi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata menyampaikan dalam pelaksanaan BWR yang berlangsung semalam 22 hari, tercatat sebanyak 32 ribu kunjungan hadir dalam event tersebut.

Sementara untuk perputaran uang dalam acara tersebut mencapai Rp2,8 miliar dengan melibatkan sebanyak 201 tenan di BWR.

"BWR tahun ini kita buka di 3 tempat, yaitu di Taman Dang Anom, Pollux Habibie dan Kawasan Pasific dengan 201 tenant yang terlibat dalam acara ini," ujar Ardi.

Ia menyampaikan pengunjung yang hadir selama BWR berlangsung tidak hanya dari lokal saja, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024