Jakarta (ANTARA) - Pemenang Academy Award Louis Gossett Jr. yang terkenal karena karyanya dalam film “Roots” dan “An Officer and a Gentleman”, telah meninggal dunia pada usia 87 tahun.

"Dengan penyesalan yang mendalam kami mengonfirmasi ayah tercinta kami meninggal dunia pagi ini," kata keluarga Gossett Jr. dalam pernyataan yang dilaporkan People, pada Jumat.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang atas belasungkawa mereka saat ini. Harap hormati privasi keluarga selama masa sulit ini,” kata sumber tersebut.

AP pertama kali melaporkan berita kematian Gossett setelah keponakan aktor tersebut mengatakan bahwa dia meninggal Kamis malam di Santa Monica, California.

Baca juga: Aktor Kenneth Mitchell meninggal di usia 49 tahun akibat ALS

Namun demikian, belum ada penyebab kematian yang terungkap.

Lahir di New York City, Gossett memulai aktingnya di Broadway pada “Take a Giant Step” pada tahun 1953, ketika dia masih menjadi siswa di Sekolah Menengah Abraham Lincoln.

Seperti yang dia jelaskan dalam percakapannya pada tahun 1991 dengan Bob Costas, dia memiliki karier yang cukup menjanjikan di sekolah menengah.

"Mereka mencari anak muda berkulit hitam untuk menjadi pemeran utama dalam pertunjukan Broadway berjudul Take a Giant Step. Mereka tidak dapat menemukan siapa pun dalam bisnis ini, jadi mereka bersekolah di sekolah menengah. 'Beri tahu ibumu untuk membawamu ke sana. Jadi, begitulah caraku terjun dalam bisnis pertunjukan,” kenangnya saat itu.

Pada tahun-tahun berikutnya, Gossett kuliah di New York University dan berakting dalam “The Desk Set” karya Broadway pada tahun 1955 dan 1956.

Baca juga: Aktor ikonik Namkoong Won meninggal pada usia 90 tahun

Debut filmnya muncul pada film “A Raisin in the Sun” tahun 1961, yang sejak itu dimasukkan ke dalam Pendaftaran Film Nasional Amerika Serikat oleh Library of Congress.

Film ini dirilis dua tahun setelah drama asli Lorraine Hansberry ditayangkan perdana di Broadway, dengan Gossett berakting bersama Sidney Poitier yang legendaris.

“Saya kagum pada pria itu, pengalaman dan kekuatannya. Saya mendukungnya, dan dia mendukung saya,” kata Gossett tentang mendiang Sidney.

Pada awal karir filmnya di tahun 1960-an, Gossett juga tampil sebagai musisi folk dan juga berbakat dalam olahraga.

Dia bahkan menolak bola basket profesional untuk fokus pada akting.

“Saya sedang mengikuti pelatihan pemula untuk New York Knicks ketika saya mendapat telepon dari Lorraine Hansberry untuk menjadi bagian dari A Raisin in the Sun,” kata Gossett.

“Mereka mengatakan bahwa bagian tersebut disertai dengan uang bayaran sebesar 700 dolar AS, lebih banyak daripada yang dimiliki sebagian besar atlet profesional di bank pada saat itu. Saya meletakkan bola basketnya, dan sisanya adalah sejarah,” tambahnya.

Baca juga: Aktor Adan Canto meninggal dunia usia 42 tahun

Setelah pindah ke Los Angeles pada tahun 60an untuk fokus pada film dan televisi, peran terobosan berikutnya datang pada tahun 1977, ketika ia berperan sebagai Fiddler di “Roots”, mendapatkan penghargaan Emmy untuk aktor utama yang luar biasa dalam satu penampilan dalam serial drama atau komedi.

Setelah “Roots”, Gossett menikmati kesuksesan layar lebar dengan perannya sebagai instruktur latihan Sersan Senjata Emil Foley di film “An Officer and a Gentleman” tahun 1982.

Film ini membuat Gossett mendapatkan Academy Award untuk Aktor Pendukung Terbaik menjadikannya pemain kulit hitam pertama yang memenangkan Aktor Pendukung Oscar.

"Mereka telah merekrut aktor lain yang berkulit putih, tetapi ketika sutradara Taylor Hackford mengetahui bahwa 75 persen anggota Marine DI berkulit hitam, mereka membayarnya dan mempekerjakan saya.

Saya pergi ke Korps Marinir San Diego untuk belajar selama enam minggu. Saat saya muncul di lokasi syuting, saya adalah seorang marinir,” katanya.

Mengenai kemenangan Oscar, Gossett mengenang dalam wawancara CBS Sunday Morning bahwa dia tidak mempercayainya pada awalnya, dan bahwa agennya menepuk dadanya seraya berkata, 'Mereka menyebutkan nama Anda.'

Baca juga: Aktor Tom Wilkinson di film "The Full Monty" tutup usia ke-75 tahun

"Dan saya melihatnya karena saya pikir saya sudah tidur. Dan saya melihat sekeliling dan ada tepuk tangan. Seharusnya tidak mungkin. Jadi saya ucapkan terima kasih. Itu sepenggal sejarah,” ujarnya.

Pada tahun 80-an dan 90-an, Gossett muncul di sejumlah film dan serial termasuk Jaws 3-D, Enemy Mine, The Principal, Sadat, Iron Eagle, film berbasis komik Marvel The Punisher, Toy Soldiers, A Good Man in Afrika dan Blue Chips.

Dia juga menjadi pembawa acara Saturday Night Live pada tahun 1982.

Gossett meninjau kembali akar panggungnya di kemudian hari dalam karirnya, muncul sebagai Billy Flynn di Chicago pada tahun 1996.

Salah satu peran Gossett yang paling menonjol di kemudian hari adalah sebagai Will Reeves dalam serial terbatas HBO tahun 2019, Watchmen.

Acara terkenal ini memperoleh beberapa penghargaan setelah penayangan singkatnya, sembilan episode, termasuk 11 Emmy. Dia mengatakan kepada Page Six pada tahun 2020 bahwa dia tidak tahu apa jawaban sebenarnya mengapa acara tersebut tidak diperpanjang.

Pada tahun 2023, Gossett berperan sebagai Mister Johnson dalam “The Color Purple”, dan seperti yang dia jelaskan pada tahun 2024 bahwa dia masih berkomitmen tanpa rencana untuk pensiun.

“Tuhan pasti punya sesuatu yang tersisa untuk saya lakukan. Selama saya di sini, masih ada pekerjaan yang harus dilakukan demi kepentingan kita semua,” kata Gossett.

Gossett yang telah menikah dan bercerai sebanyak tiga kali, meninggalkan dua putranya yang sudah dewasa, Satie dan Sharron.

Baca juga: Aktor Lee Sun-kyun meninggal dunia di usia 48 tahun

Baca juga: Aktor "General Hospital" Tyler Christopher meninggal di usia 50 tahun

​​

Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024