Kami menempatkan alat material untuk siaga pada lokasi yang ditentukan serta petugas prasarana ekstra...
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta mempersiapkan berbagai sarana, prasarana, dan pengamanan di kereta api maupun stasiun, untuk mendukung kelancaran momen mudik Idul Fitri pada 31 Maret hingga 21 April 2024.

“Kami menempatkan alat material untuk siaga pada lokasi yang ditentukan serta petugas prasarana ekstra, antara lain petugas Penjaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), Petugas Daerah Pemantauan Khusus (Petugas Dapsus),” ujar Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko, di Jakarta, Minggu.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan perjalanan kereta api, pihaknya telah menyiagakan lokomotif posko, kereta pembangkit, dan derek jangkung (crane) pada beberapa titik yang telah ditentukan.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan perlintasan untuk meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api.

“KAI telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait hal tersebut, terutama keselamatan pada perlintasan sebidang,” kata Ixfan.

Ia menuturkan bahwa KAI Daop 1 Jakarta juga berupaya meningkatkan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan kereta api dan di stasiun dengan berkoordinasi dengan aparat setempat serta meningkatkan pengamanan pada daerah rawan kamtib.

Menurutnya, pihaknya telah menyiapkan 591 personel yang tersebar di seluruh wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta.

"Jumlah keseluruhan personel pengamanan tersebut mencakup pasukan pengamanan di stasiun-stasiun wilayah Daop 1, di perkantoran Daop 1, maupun di daerah rawan pada gangguan kamtib," ujar Ixfan.

Para calon pengguna jasa kereta api dapat menghubungi customer service KAI di 121, Media Sosial KAI @kai121, kai.id, WhatsApp 08111-2111-121 dan email cs@kai.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait angkutan Lebaran 2024.
Baca juga: KAI Daop 1 dukung penutupan JPL Maseng mulai 1 April jaga keselamatan
Baca juga: KAI Daop 1 Jakarta: Tiket KA Pangrango dan Siliwangi masih banyak


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024