Jakarta (ANTARA) - Menjelang momen mudik Lebaran yang semakin dekat, para pemudik kini diuntungkan dengan kemajuan teknologi yang memberikan berbagai solusi praktis dalam merencanakan perjalanan mereka.

Tradisi mudik Lebaran setiap tahun menjadi tantangan tersendiri bagi jutaan orang di Indonesia yang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga tercinta.

Berkat deretan aplikasi penunjang mudik Lebaran, keresahan dan kekhawatiran yang sering kali menyertai perjalanan tersebut dapat diatasi dengan lebih mudah.

Dari pencarian tiket transportasi, pemesanan akomodasi, hingga mendapatkan informasi terkini tentang kondisi lalu lintas, aplikasi-aplikasi tersebut menjadi teman bagi para pemudik dalam perjalanan menuju tanah kelahiran.

Berikut sederet aplikasi yang dapat mempermudah perjalanan mudik Lebaran. 

Baca juga: Google Maps tingkatkan akurasi arah untuk pengguna Android

1. Aplikasi navigasi

Aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze sangat membantu memberikan informasi tentang rute terbaik, perkiraan waktu tempuh, dan kondisi lalu lintas saat mudik yang diperbarui secara aktual.

Dengan bantuan aplikasi navigasi, pemudik dapat menghindari kemacetan dan memilih rute terbaik sehingga perjalanan mudik menjadilebih efisien.

2. Aplikasi bengkel

Aplikasi bengkel sangat diperlukan untuk memberikan informasi tentang lokasi bengkel terdekat di sepanjang perjalanan sehingga memudahkan pemudik untuk menemukan bengkel yang terpercaya dan dapat melakukan perbaikan darurat jika diperlukan.

Aplikasi bengkel yang bisa disiapkan antara lain ialah myhalobengkel, Digiroom by Auto2000, dan Honda e-Care.

Baca juga: Honda perkenalkan asisten pribadi virtual di aplikasi WhatsApp

3. Aplikasi konsultasi kesehatan

Aplikasi konsultasi kesehatan seperti Halodoc atau Alodokter bisa menjadi pilihan pertama ketika mengalami keluhan sakit saat di perjalanan mudik. Pemudik dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan bantuan medis atau informasi tentang layanan kesehatan.

4. Aplikasi agen perjalanan

Aplikasi agen perjalanan membantu memudahkan pemudik untuk memesan tiket transportasi secara online. Dengan berbagai pilihan paket perjalanan, pemudik dapat menyesuaikan perjalanan mereka sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang dimiliki.

Beberapa aplikasi agen perjalanan yang populer antara lain adalah Traveloka, Agoda, dan, Tiket.com

5 Aplikasi stasiun pengisian daya atau bahan bakar mobil

Aplikasi seperti MyPertamina dan Charge.IN memberikan informasi tentang lokasi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) atau stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) terdekat.

Aplikasi akan memudahkan para pemudik yang membawa kendaraan pribadi untuk mencari tempat pengisian bahan bakar maupun daya selama perjalanan mudik. Dengan bantuan dari aplikasi-aplikasi tersebut, diharapkan perjalanan mudik Lebaran menjadi lebih lancar dan nyaman bagi para pemudik.

Baca juga: Hoaks kesehatan tinggi, Halodoc dan TikTok kolaborasi buat edukasi

Baca juga: tiket.com hadirkan promosi tiket dan akomodasi pada libur Lebaran 2024

Baca juga: PLN siagakan 1.124 SPKLU selama masa mudik Lebaran 2024

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024