Shanghai (ANTARA) - Berbagai peluang investasi subdivisi dalam 10 proyek rantai industri utama, termasuk model skala besar, robot humanoid, metaverse, kapal pesiar besar, kedirgantaraan komersial, material baru, dan energi hidrogen, dirilis pada Konferensi Promosi Investasi Global Shanghai 2024 tersebut.

Sebuah paket kebijakan juga diluncurkan pada konferensi itu, yang mencakup pengurangan biaya untuk perusahaan sebesar 100 miliar yuan, menambahkan 2 triliun yuan untuk investasi dan kredit pembiayaan, serta menyiapkan 100 miliar yuan untuk dana investasi industri.

Proyek-proyek yang diperkenalkan di Shanghai ini tidak hanya melibatkan tiga industri terkemuka yaitu sirkuit terpadu (integrated circuit), biomedis, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), tetapi juga sektor-sektor subdivisi seperti energi baru dan peralatan penyimpanan energi, serta penerbangan sipil. 

Shanghai merupakan jendela penting bagi dunia untuk mengamati China. Pada 2023, investasi asing langsung (foreign direct investment/FDI) dalam pemanfaatan aktual di kota tersebut mencapai rekor tertinggi lebih dari 24 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.853).

Per akhir Januari tahun ini, jumlah kantor pusat regional perusahaan multinasional serta pusat penelitian dan pengembangan (litbang) yang didanai asing di Shanghai masing-masing telah mencapai 962 dan 563. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024