Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Polres Sukabumi sudah menyiapkan personel untuk memantau keamanan dan mencegah aksi pungutan liar (pungli) kepada wisatawan yang datang ke berbagai destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada musim libur Lebaran.

"Kami sudah menyiagakan puluhan personel untuk memberikan rasa aman kepada wisatawan yang datang ke objek wisata di Kabupaten Sukabumi pada libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 H," kata Kapolres Sukabumi Tony Prasetyo di Sukabumi, Minggu.

Menurut Tony, berkaca dari pengalaman tahun lalu, objek wisata pantai Kabupaten Sukabumi dipadati oleh puluhan ribu wisatawan yang datang dari Kota Sukabumi dan berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, serta Cianjur, dan Bandung.

Lonjakan jumlah wisatawan itu biasanya dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab dengan melakukan pungli kepada wisatawan melalui berbagai modus seperti parkir, dan  jasa keamanan, katanya.

Untuk itu, personel yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Anti Pungli Polres Sukabumi disebar untuk melakukan pemantauan, pengawasan, hingga penangkapan terhadap mereka  yang berpotensi melakukan pungli, kata Tony.

"Siapapun yang terbukti melakukan pungli, kami akan tindak sesuai dengan hukum yang berlaku dan tidak akan tebang pilih. Siapa yang berbuat, dia yang harus bertanggung jawab," katanya.

Tony mengatakan pihaknya pun melakukan patroli rutin ke berbagai titik lokasi wisata sebagai bagian dari upaya pencegahan terhadap aksi pungli dan gangguan kamtibmas.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait lain seperti Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sukabumi, dan petugas penjaga pantai,  serta mengerahkan personel di tingkat Polsek untuk melakukan pengamanan di area wisata, katanya menambahkan.

Baca juga: Pemprov DKI jaga trotoar guna cegah pungli
Baca juga: Pemkab HSS tugaskan pengawas pariwisata cegah pungutan liar

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024