Bucharest (ANTARA) - Warga Rumania yang hendak bepergian ke negara-negara Schengen tidak perlu lagi menjalani pemeriksaan perbatasan udara dan maritim mulai Minggu (31/3) setelah negara itu bergabung dengan wilayah perjalanan bebas paspor tersebut.

Kawasan Schengen  merupakan kawasan yang terdiri dari 27 negara Eropa yang resmi menghapus kebijakan paspor dan semua jenis kontrol perbatasan

Dewan Eropa tahun lalu menyetujui masuknya Bulgaria dan Rumania secara parsial ke dalam zona Schengen, yang mencakup sebagian besar negara Uni Eropa (UE).
 
  Para pelancong berjalan melewati papan bertuliskan "Selamat Datang di Schengen" di Bandara Internasional Henri Coanda dekat Bucharest, Rumania, 31 Maret 2024. (Cristian Cristel/Xinhua)


Dewan Eropa perlu mengambil keputusan untuk menetapkan tanggal pencabutan prosedur pemeriksaan di perbatasan darat internal antara Bulgaria, Rumania, dan negara-negara Schengen lainnya, kata Komisi Eropa pada Sabtu (30/3)

Menteri Dalam Negeri Rumania Catalin Predoiu mengakui bahwa keputusan untuk memperluas perbatasan darat didorong oleh motif politik. Namun, dia menyuarakan keyakinannya pada sejumlah upaya yang sedang berlangsung melalui jalur-jalur diplomatik dan kolaborasi dengan sejumlah kementerian dan entitas UE yang relevan.

"Implementasi penuhnya tidak boleh ditunda terlalu lama, terlepas dari pertimbangan politik eksternal," kata Predoiu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024