Tak bisa membayangkan hidup melalui krisis tanpa pernah menderita kekalahan dalam pertandingan. Keindahan permainan tim tidak hanya dapat diukur dalam jumlah passing yang dilepaskan
Barcelona (ANTARA News) - Pelatih Barcelona, Gerardo "Tata" Martino, berkomentar sinis ketika ditanya tentang krisis yang melanda tim asal Catalan tersebut serta performa buruk Lionel Messi dalam beberapa pertandingan terakhir.

"Semua ini tentang Messi, semua ini terjadi karena kita melihat dia bermain di empat pertandingan tanpa mencetak gol," kata Tata Martino dilansir dari Marca, (5/11).

"Kami meminta terlalu banyak dari dia (Messi) dan ketika ia bermain empat pertandingan tanpa mencetak gol kita lupa assist yang dia berikan kepada Cesc (Fabregas) ketika melawan Celta atau gol melawan Milan. Di mata saya ia (Messi) terlihat tidak mengkhawatirkan", katanya.

"Dari posisi saya, saya tidak melihat adanya krisis tapi dari apa yang dapat saya kumpulkan menurut yang saya dengar dan baca, kita tetap bersatu. Tanpa diragukan lagi selalu ada ruang untuk perbaikan, dan kami selalu bisa bermain lebih baik," tambah pelatih asal Argentina ini.

"Barcelona membutuhkan jalan alternatif jika ingin mengalahkan lawan-lawannya, dan agar mereka (lawan) tidak memiliki begitu banyak gambaran yang jelas tentang tim ini," kata mantan pelatih timnas Paraguay ini.

Tata Martino "mengakui" bahwa Barca sedang dalam krisis. Ketika ditanya tentang siapa yang sedang benar-benar krisis ia mengatakan Milan saat ini paling terpuruk (hanya berjarak dua poin dari zona aman dan terpaut 19 poin dari pemimpin klasemen di liga domestik).

"Kami juga sedang mengalami krisis, dan saya tidak berpikir ada banyak perbedaan, dalam cara saya berpikir," kata Tata Martino menggambarkan kondisi Barcelona dan AC Milan.

"Saya tidak tahu apa yang mungkin terjadi ketika kami kalah. Saya sudah menonton beberapa film perang untuk memantik ide. Tak bisa membayangkan hidup melalui krisis tanpa pernah menderita kekalahan dalam pertandingan.  Keindahan permainan tim tidak hanya dapat diukur dalam jumlah passing yang dilepaskan," katanya.

Penerjemah:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013