Banda Aceh (ANTARA) - Dewan Dakwah Aceh menyalurkan bantuan sebanyak 105 paket sembako Ramadhan bagi keluarga kurang mampu di lima kabupaten/kota di Provinsi Aceh dalam upaya memenuhi kebutuhan bahan pokok warga saat Ramadhan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Koordinator Panitia Pelaksana Zulfikar, di Aceh Besar, Senin, mengatakan pembagian sembako itu merupakan program tahunan Dewan Dakwa Aceh saat bulan suci Ramadhan untuk memperkuat solidaritas sosial di masyarakat dan wujud nyata dari kepedulian antarsesama.

“Bantuan ini sebagai bentuk kepekaan serta kepedulian bagi sesama yang sangat membutuhkan, apalagi dalam rangka persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah yang hampir tiba,” katanya.

Baca juga: 430 warga Aceh Besar mendapat bantuan paket Ramadhan

Penyaluran sembako secara simbolis dilakukan Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Prof Muhammad AR di Markaz Dewan Dakwah Aceh, Gampong Rumpet, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar. Selanjutnya, paket bantuan itu disalurkan oleh pengurus Dewan Dakwah Aceh kabupaten/kota.

Zulfikar yang juga Sekretaris Dewan Dakwah Aceh itu mengatakan bantuan sembako tersebut disalurkan ke Kabupaten Nagan Raya sebanyak 15 paket, Kota Subulussalam 15 paket, Aceh Singkil 15 paket, Aceh Besar 50 paket, dan Kota Banda Aceh sebanyak 10 paket.

“Adapun setiap paket berisi beras sebanyak 5 kilogram, telur ayam ras satu papan (isi 30 butir), minyak goreng 2 liter, gula 2 kilogram, dan sirup dua botol. Dengan total nilai bantuan sebesar Rp26,2 juta,” kata Zulfikar.

Baca juga: PMI Banda Aceh siapkan sembako bagi pendonor darah selama Ramadhan

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Prof Muhammad AR mengatakan semua bantuan tersebut dihimpun dari keluarga besar Dewan Dakwah Aceh, masyarakat, dan donatur lainnya.

“Alhamdulillah pada Ramadhan tahun ini Dewan Dakwah Aceh kembali menyalurkan bantuan sembako kepada keluarga yang membutuhkan. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah menyumbangkan sebagian hartanya untuk kesuksesan kegiatan ini,” katanya.

Selain itu, kata dia, bantuan sembako tersebut juga bertujuan untuk meringankan beban ekonomi keluarga kurang mampu, khususnya dalam menghadapi peningkatan kebutuhan pokok selama Ramadhan dan persiapan Idul Fitri, yang memang kerap terjadi kenaikan harga bahan kebutuhan pokok.

Baca juga: Masjid USK siapkan 1.300 porsi takjil gratis bantuan UEA

“Kami juga berharap pada tahun-tahun mendatang program tersebut tetap berjalan dan akan banyak lagi daerah dan masyarakat kurang mampu yang dapat kita bantu. Kepada dewan dakwah kabupaten/kota juga diminta untuk aktif dan peduli terhadap persoalan ekonomi umat,” ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024