Partai Rakyat Republik (CHP) yang merupakan oposisi utama di Turki, memimpin perolehan suara dalam pemilihan kepala daerah di sejumlah kota besar di Turki, termasuk kota terbesar, Istanbul dan ibu kota Ankara, Minggu (31/3).
Ankara (ANTARA) - Partai Rakyat Republik (CHP) yang merupakan oposisi utama di Turki, memimpin perolehan suara dalam pemilihan kepala daerah di sejumlah kota besar di Turki, termasuk kota terbesar, Istanbul, dan ibu kota Ankara, Minggu (31/3).

Perolehan suara CHP mencapai lebih dari 51 persen, demikian dilansir lembaga penyiaran lokal NTV mengutip hasil awal pemungutan suara.

Ketua Dewan Pemilihan Umum Tertinggi Turki Ahmet Yener mengatakan 51,2 persen dari total suara telah dihitung dan proses penghitungan suara masih berlangsung.

Setelah 79 persen kotak suara di Istanbul dibuka, wali kota petahana Ekrem Imamoglu yang mewakili CHP memperoleh 50,53 persen suara, sementara Murat Kurum, kandidat dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa, mendapatkan 40,72 persen.
 
Walikota Ankara Mansur Yavas memberikan suaranya di Ankara, Türkiye, 31 Maret 2024. Warga Turki menuju ke tempat pemungutan suara pada hari Minggu untuk pemilu lokal, sebuah ujian penting bagi Presiden Recep Tayyip Erdogan yang berupaya merebut kembali kendali atas kota-kota besar, di mana partainya kalah oleh oposisi pada 2019. (Foto oleh Mustafa Kaya/Xinhua)  


CHP juga siap untuk mempertahankan kendalinya atas ibu kota Ankara dengan wali kota petahana Mansur Yavas dari CHP dengan perolehan 58,98 persen suara, melawan kandidat dari Partai AKP Turgut Altinok yang memperoleh 32,9 persen suara

Partai pimpinan Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan yang berkuasa, gagal meraih kemenangan di kedua kota tersebut dalam pemilihan kepala daerah sebelumnya pada 2019. Pada Mei tahun lalu, Erdogan terpilih kembali sebagai presiden dan aliansinya mengamankan mayoritas kursi di parlemen. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024