Mark terlibat di skuad, namun keputusannya adalah mundur dan tidak berpartisipasi
Sydney (ANTARA News) - Kiper veteran Australia Mark Schwarzer mundur dari sepakbola internasional, meskipun masih punya peluang karir untuk bisa ikut tampil di Piala dunia di Brazil bersama tim Socceroos.

Kiper berusia 41 tahun itu, menurut laporan Reuters, mundur sebagai pemain yang paling banyak memperkuat timnas negaranya yaitu 109 penampilan internasional, dan dia akan dikenang dengan aksinya menyelamatkan gawang Australia dalam adu penalti melawan Uruguay dan membantu tim Soccerroos lolos ke putaran final Piala Dunia 2006 di Jerman.

Berita tentang kemunduran Schwarzer, kiper cadangan klub liga utama Inggris Chelsea itu, muncul beberapa jam menjelang pelatih baru Australia Ange Postezcoglu mengumumkan nama skuad untuk pertandingan persahabatan melawan Kosta Rika pada 19 November.

Schwarzer sebetulnya masih ingin tampil di Piala Dunia untuk ketiga kali berturut-turut, namun dia tidak dilibatkan dalam pertandingan persahabatan melawan Prancis dan Kanada baru-baru ini setelah kekalahan 0-6 dari tuan rumah Piala Dunia Brazil.

Postecoglou mengatakan dia sebetulnya telah memasukkan nama mantan kiper Bradford City, Middlesbrough dan Fulhan itu dalam skuad.

"Mark terlibat di skuad, namun keputusannya adalah mundur dan tidak berpartisipasi," kata Postecoglu.

"Saya kurang suka terhadap keputusan itu, pertama karena keputusannya dan kedua itu menyebabkan saya tidak bisa membayar sumbang dan jasanya," katanya.

"Dia tidak diragukan merupakan pemain terhebat sepanjang masa, loyal, selalu siap bermain untuk timnas, meskipun terkadang di bawah situasi yang sulit," katanya.

"Ketika kami bicara tentang karakter dan kebanggaan terhadap seragam timnas, Mark selalu berada di sana," tambahnya.

Kiper Borussia Dortmund Mitchell Langerak diperkirakan bakal menggantikan Schwarzer yang dibantu oleh Mat Ryan.

Penerjemah: Aris Budiman 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013