Hutan Harapan bisa jadi model di dunia

Hutan Harapan bisa jadi model di dunia

Foto udara lokasi restorasi Hutan Harapan (FOTO ANTARA/Reno Esnir)

Jakarta (ANTARA News) - Kawasan Restorasi ekosistem Hutan Harapan di dua provinsi Sumatera bisa menjadi model  bagi hutan ain di Indonesia bahkan dunia.

"Kita berharap bukan hanya jadi model di Indonesia tapi juga di dunia bahwa hutan terdegradasi bisa dipulihkan kembali," kata Humas dan manajer komunikasi Hutan Harapan Surya Kusuma di Jakarta, Rabu.

Hutan Harapan merupakan bekas kawasan pengusahaan hutan produksi seluas 98.555 hektare yang dikelola PT Restorasi Ekosistem Indonesia (Reki) untuk dipulihkan kembali ekosistemnya.

Kawasan ini berada di dua provinsi yaitu di Sumatera Selatan seluas 52.170 hektare dan Jambi dengan luas 46.385 hektare.

Hutan Harapan merupakan kawasan prioritas global untuk habitat hutan yang mewakili 20 persen hutan dataran rendah yang tersisa di Sumatera.

Sebagian besar kawasan di Hutan Harapan merupakan hutan alam sekunder bernilai tinggi yang tengah dipulihkan. Terdapat fauna seperti gajah, harimau dan hewan lainnya serta kekayaan flora yang bahkan tidak ada di tempat lain.

Selain itu, Hutan Harapan menjadi tempat tinggal bagi suku asli Jambi yaitu Suku Anak Dalam Batin Sembilan yang menggantungkan hidupnya dari hasil hutan.

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar