Kegiatan ini dikoordinasikan secara nasional oleh KNEKS (Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah), di mana Wapres adalah ketua hariannya
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin akan membuka Banten Halal Festival Ramadhan di Menara Syariah, Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2), Kabupaten Tangerang, Banten. Selasa (2/4).

Jubir Wapres Masduki Baidlowi melalui keterangan resminya di Jakarta, Senin, mengatakan acara pembukaan Banten Halal Festival Ramadhan yang bertajuk "Dari Banten Untuk Dunia" merupakan bagian dari National Halal Fair (NHF) yang diselenggarakan di 13 provinsi selama Ramadhan 1445 Hijriah.

Adapun, tujuan acara tersebut untuk menaikkan literasi dan inklusi ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

"Kegiatan ini dikoordinasikan secara nasional oleh KNEKS (Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah), di mana Wapres adalah ketua hariannya," ucap Masduki.

Selain Banten, daerah ataupun provinsi yang menggelar NHF di 2024 ini, di antaranya DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Jambi, Aceh, Kalimantan Utara, dan Jawa Tengah.

Terkait KNEKS, Wapres sebelumnya telah mengukuhkan pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menjadi motor penggerak ekonomi syariah di Bumi Anoa pada Kamis (21/3).

KDEKS Provinsi Sultra ini menjadi lembaga ke-25 se-Indonesia yang dikukuhkan langsung oleh Wapres.

Wapres menyampaikan bahwa lembaga KDEKS tersebut menjadi sangat penting sebagai langkah untuk akselerasi infrastruktur pembangunan ekosistem ekonomi syariah di tanah air.

Baca juga: Wapres mendukung program satu juta penyuluh UMKM berbasis syariah
Baca juga: Wapres bicara hukum alam dan syariah dalam tausiah di Istana Negara
Baca juga: Wapres minta pesantren juga jadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat
Baca juga: Wapres dorong edukasi pelaku usaha tentang sertifikasi halal

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024