Kami sudah melakukan komunikasi dan koordinasi terkait persiapan menyambut arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah ini, kami berharap apa yang sudah disiapkan bisa membantu kelancaran dan kenyamanan para pemudik saat mengantre jadwal penyeberangan kapal f
Mentok, Babel (ANTARA) - PT ASDP Cabang Bangka Pelabuhan Tanjungkalian Mentok bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan pelayanan dengan menyiapkan terminal tunggu sementara untuk mengatur antrean kendaraan para pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera.

"Kami sudah melakukan komunikasi dan koordinasi terkait persiapan menyambut arus mudik Idul Fitri 1445 Hijriah ini, kami berharap apa yang sudah disiapkan bisa membantu kelancaran dan kenyamanan para pemudik saat mengantre jadwal penyeberangan kapal feri di Pelabuhan Tanjungkalian," kata General Manager ASDP Cabang Bangka Ardhi Ekapaty di Mentok, Senin.

Sebagai langkah awal, kata dia, pihaknya bersama Pemkab Bangka Barat dan sejumlah instansi terkait lainnya sudah menyiapkan sejumlah skenario untuk menghadapi lonjakan pemudik di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok yang diperkirakan akan terjadi pada momentum libur Idul Fitri tahun ini.

Dalam menghadapi agenda tahunan ini sudah siap melakukan angkutan lebaran, sarana dan prasarana pendukung untuk kenyamanan para pengguna jasa, mulai dari sarana mandi, cuci, kakus, ruang tunggu, posko pelayanan dan lainnya.

"Kita juga akan menambah beberapa toilet portabel," katanya.

Selain itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten, hingga tingkat provinsi untuk menambah sejumlah fasilitas yang ada di terminal tunggu sementara yang berlokasi di kawasan Pantai Baturakit yang berada tepat di sebelah kompleks Pelabuhan Tanjungkalian.

"Untuk sirkulasi kendaraan pemudik, kita sudah lakukan simulasi, mulai dari awal masuk dari dari pintu gerbang Pantai Baturakit, masuk antrean hingga masuk terminal tunggu di pelabuhan, Dalam hal ini, kemarin kita sudah lakukan simulasi bersama Wakil Bupati dan Kapolres," ujarnya.

Menurut dia, kehadiran terminal tunggu yang disiapkan di dua lokasi di Kawasan Wisata Pantai Baturakit, yaitu di tempat parkir tepi pantai dan lapangan di sisi pelabuhan akan sangat membantu kelancaran dan kenyamanan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Di lokasi tunggu sementara itu juga direncanakan akan ditempatkan para petugas untuk memberikan sosialisasi dan edukasi tata cara pemesanan tiket penyeberangan.

"Kalau yang sudah memiliki tiket bisa langsung masuk ke terminal tunggu sementara yang ada di samping pelabuhan, jika belum akan ada petugas ASDP yang akan membantu," katanya.

Dengan sejumlah skenario dan persiapan yang dilakukan pengelola, diharapkan antrean kendaraan pemudik semakin teratur dan tidak terjadi penumpukan di tepi jalan utama yang bisa mengganggu kelancaran lalu lintas.

Berbagai upaya yang dilakukan bersama ini diharapkan antrean kendaraan menjadi semakin teratur, lancar dan sesuai aturan sehingga para pemudik bisa melakukan perjalanan dengan nyaman, aman dan selamat sampai tujuan.

Baca juga: Pemkab Bangka Barat tingkatkan koordinasi untuk keselamatan pemudik
Baca juga: Pemkab-DPRD Bangka Barat sepakati perda perlindungan lahan pertanian
Baca juga: Pemkab Bangka Barat fasilitasi tradisi Perang Ketupat

 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024