Pada Indonesia Emas kita ingin mencapai 30.300 dolar AS.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menantikan peran serta kontribusi aktif Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) guna mengakselerasi ekonomi Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi.

"Dengan alumni HMI yang berpendidikan tinggi, yang berkiprah di berbagai bidang dan profesi, KAHMI merupakan kekuatan besar yang dinantikan peran dan kontribusinya," ujar Menko Airlangga dalam Rapat Pimpinan Nasional KAHMI di Jakarta, Senin.

Menko Airlangga yang hadir mewakili Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa agenda Indonesia Emas yang telah dicita-citakan harus terus diperjuangkan dan diakselerasi meskipun saat ini kondisi global masih tak menentu.

Saat ini, kata dia, Indonesia tercatat sebagai negara berpenghasilan menengah ke atas (upper middle income country).

Pada tahun 2024 ini, pendapatan per kapita diprediksi tembus 5.300 dolar AS sampai dengan 5.400 dolar AS.

"Pada Indonesia Emas kita ingin mencapai 30.300 dolar AS," ungkap Menko Airlangga.

Ia menegaskan bahwa Indonesia telah berhasil menekan tingkat kemiskinan menjadi satu digit yaitu 9,36 persen.

Pada Indonesia Emas 2045, kata Airlangga, target tingkat kemiskinan yang ingin dicapai adalah 0 persen dan dengan angka rasio gini pada 0,320.

Upaya-upaya ini, menurut dia, harus diakselerasi. Indonesia punya momentum untuk mengakselerasi. Ada bonus demografi yang tidak akan terulang yang harus dibarengi dengan peningkatan kuat SDM melalui peningkatan kualitas kesehatan serta riset dan pendidikan, terutama pendidikan vokasiona.

Selain itu, Menko Airlangga juga menilai Indonesia memiliki sumber kekayaan alam yang melimpah, baik di darat maupun di laut.

Sumber energi dan pangan harus diindustrikan di dalam negeri, hilirisasi, dan melibatkan UMKM serta membuka peluang kerja dan meningkatkan ekspor.

"Saya titip kepada KAHMI untuk berperan aktif mengakselerasi proses menuju Indonesia Emas, menjadi Indonesia Maju, menjadi negara berpenghasilan tinggi," pungkasnya.

Baca juga: Airlangga tunggu surat panggilan jadi saksi PHPU di MK
Baca juga: Kosgoro: Airlangga layak kembali memimpin Golkar

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024