Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) mengungkapkan jalan tol Indonesia dalam kondisi mantap dan siap melayani pemudik Lebaran pada tahun ini.

Ketua ATI Subakti Syukur menyampaikan bahwa 1.782 km jalan tol yang beroperasi di Indonesia dalam kondisi mantap dan siap melayani pergerakan masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran.

"Kami memastikan beberapa pekerjaan pemeliharaan di ruas-ruas tertentu, penambahan prasarana pendukung, telah siap sebelum periode arus mudik Lebaran berjalan. Semua BUJT anggota ATI siap melayani masyarakat pengguna jalan tol di seluruh Indonesia," ujar Subakti Syukur di Jakarta, Selasa.

Dalam rangka mendukung rekayasa lalu lintas di beberapa area, ATI juga menyiapkan beberapa ruas tol fungsional.

"Ruas-ruas yang akan difungsionalkan untuk mendukung penanganan arus mudik dan balik Lebaran, kebijakan hari dan waktu fungsionalnya, sepenuhnya mengikuti ketentuan dari team PUPR, Perhubungan, dan Korlantas Polri. Mohon para pengguna berhati-hati dan mengikuti petunjuk dari petugas lapangan," kata Subakti Syukur.

Memasuki periode lalu lintas Lebaran tahun 2024, seluruh Badan Usaha Jalan Tol ("BUJT") yang tergabung dalam Asosiasi Jalan Tol Indonesia ("ATI") menyatakan kesiapannya menyambut masyarakat yang akan melakukan perjalanan, bersilaturahmi merayakan Idul Fitri 1445 H.

Subakti menambahkan, koordinasi dengan pemangku-kepentingan telah dilakukan. Kesiapan sarana dan prasarana infrastruktur jalan tol dikoordinasikan bersama kementerian PUPR.

Pengaturan kebijakan, termasuk rekayasa lalu lintas selama penanganan arus mudik dan balik, dikoordinasikan bersama Kementerian Perhubungan. Hal yang sama dengan Korlantas dan Kewilayahan Polri untuk pengaturan pelaksanaannya di lapangan.

Subakti Syukur mengucapkan terima kasih atas sinergi yang terjalin baik. "Mudah-mudahan berbagai skenario penanganan lalu lintas akan berjalan baik, dan masyarakat pengguna jalan tol bisa merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H dengan aman, lancar, menyenangkan dan ceria," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal ATI Kris Ade Sudiyono menyampaikan bahwa kondisi jalan tol dipastikan baik, terbebaskan dari kerusakan, lubang dan berbagai pekerjaan perbaikan, memiliki perambuan lengkap, serta marka jalan yang terlihat jelas sehingga memungkinkan dilalui dengan baik.

Semua BUJT mengkonfirmasi untuk memfungsikan dan menyiagakan unit tambahan peralatan transaksi tol, derek, ambulan, kendaraan patroli dan rescue, kamera pantau dan traffic management system, serta berbagai peralatan penunjang rekayasa lalu lintas lainnya. Hal sama untuk kesiapan petugas layanan yang akan tersebar membantu melayani para pengguna jalan tol.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024