Jakarta (ANTARA) - Pada Senin (1/4), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) siap menerapkan teknologi modifikasi cuaca berbasis siaga untuk mengamankan arus mudik 2024.

Ada pula warta tentang ribuan sampel takjil yang diketahui mengandung bahan berbahaya. Hingga warta tentang rencana perluasan percetakan Al Quran bahasa isyarat atas kerja sama Indonesia-Arab Saudi.

Berita-berita tersebut dapat kembali diikuti dalam ringkasan berikut.

1. BMKG siap terapkan modifikasi cuaca, amankan arus mudik Lebaran

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) siap menerapkan teknologi modifikasi cuaca berbasis siaga atau standby on call sebagai bentuk upaya mitigasi cuaca ekstrem, sekaligus mengamankan arus perjalanan mudik Lebaran 2024.

“Daerah manapun yang mengalami cuaca memburuk, itulah yang akan dilakukan TMC. Bila ada status tanggap darurat maka TMC pasti akan dilakukan,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam siniar bertajuk “Lebaran Aman, Mudik Ceria Penuh Makna” di Jakarta, Senin.

2. Indonesia perkirakan bantuan Palestina-Sudan tiba di Mesir pada Kamis

Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan pengiriman seluruh bantuan sosial kemanusiaan untuk warga sipil yang menjadi korban konflik Palestina dan Sudan akan tiba di Kairo, Mesir dan Port of Sudan tiga hari ke depan, Kamis (4/4).

Kepala BNPB, Suharyanto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa pada Senin malam (1/4) atau Selasa dini hari (2/4) Indonesia akan memberangkatkan Tim Aju ke Kairo, Mesir dipimpin oleh Brigjen Pol (Purn) Ary Laksmana Widjaja dan Port of Sudan dipimpin oleh Brigjen TNI Lukmansyah.

3. BPOM: 9.262 sampel takjil di pasaran mengandung bahan berbahaya

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan sebanyak 9.262 sampel pangan olahan untuk menu takjil yang beredar di pasaran selama Ramadhan 1445 Hijriah/2024 terdeteksi mengandung sejumlah senyawa kimia yang berpotensi membahayakan kesehatan konsumen.

"Penjual takjil sangat banyak. Beberapa ada yang berpotensi bahaya pada pangan siap saji, misalnya pewarna Rhodamin B, formalin agar tidak mudah basi atau rusak, terutama pangan mengandung banyak air seperti agar-agar dan mi," kata Plt Kepala BPOM Lucia Rizka Andalusia dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

4. KemenPPPA kawal penanganan kekerasan terhadap anak di Malang

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memastikan akan terus mengawal penanganan kasus kekerasan terhadap anak (3) yang dilakukan oleh pengasuhnya berinisial IPS (27) di Kota Malang, Jawa Timur.

"Kami sangat prihatin dan mengecam tindakan kekerasan yang dilakukan oleh pengasuh terhadap anak di Malang. Kekerasan terhadap anak merupakan pelanggaran hak anak dan tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun," kata Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA Nahar saat dihubungi di Jakarta, Senin.

5. Kemenag-Arab Saudi akan perbanyak Al Quran bahasa isyarat

Kementerian Agama bersama percetakan khusus Al Quran, Majma Malik Fahd Li Thibaah Mushaf Syarif, yang berada di bawah koordinasi Kementerian Urusan Agama, Wakaf, Dakwah Arab Saudi, akan memperbanyak cetakan Al Quran bahasa isyarat.

Keputusan ini diumumkan oleh Kepala Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi, Syeikh Ahmed bin Essa Al-Hazmi, dalam acara peluncuran Iqro’na, panduan praktis untuk belajar Al Quran braille, di Jakarta, Senin.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024