Jakarta (ANTARA) - Dinas Kebudayaan DKI Jakarta mempersiapkan rangkaian acara kebudayaan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, salah satunya haul di Museum Bahari, Penjaringan, Jakarta Utara.
 
"Ke depan ada haul di Museum Bahari, itu terkait dengan Kesultanan Cirebon, InshaAllah itu akan ada dilaksanakan di sana," kata Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Selain itu, Iwan menyebutkan, dalam rangka menyambut Idul Fitri 2024 Pemprov DKI Jakarta juga akan mengadakan halal bihalal.
 
Menurut Iwan, kegiatan dari Dinas Kebudayaan DKI Jakarta tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada di setiap wilayah.

Baca juga: DPD usul ada unsur orang Betawi dalam Pilkada DKJ
Baca juga: Bamsoet dorong revisi UU DKI Jakarta masukkan unsur pelestari budaya 


Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga menggandeng tim yang berwenang, wali kota di setiap administratif dan suku dinas (sudin) kebudayaan terkait.
 
"Saat lebaran itu kegiatan kita di Dinas Kebudayaan banyak, hal yang terkait dengan religi. Kami sudah siapkan timnya," kata Iwan.
 
Sebelumnya, kata Iwan, pada Ramadhan 1444 Hijriah, Pemprov DKI Jakarta mengadakan kegiatan budaya Betawi seperti tradisi "Nyorog", yakni membagikan bingkisan kepada keluarga.
 
Lalu ada tradisi "Mandi Merang", yakni mandi dan bersih-bersih diri dalam rangka menyambut Ramadhan dan "Munggahan", yaitu berkumpul bersama keluarga dan kerabat, makan bersama dan saling memaafkan serta berdoa bersama.
 
"Itu bagian dari budaya Betawi yang sudah kita lestarikan, kalau yang masa Idul Fitri seperti biasa kita silaturahmi, bingkisan, halal bihalal dari orang ke orang dari keluarga yang dituakan, itu yang dilakukan," kata Iwan.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024