Cuaca dingin adalah salah satu tantangan terberat kami selama di China. Makanya, kami memilih Korea Utara untuk melakukan adaptasi sebelum menjalani pertandingan resmi,"
Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia akan beradaptasi cuaca ke Korea Utara sebelum menjalani pertandingan resmi Pra Piala Asia 2015 Grup C melawan China di Kota Xian, China, Jumat (15/11).

Sesuai dengan rencana Ahmad Bustomi dan kawan-kawan bertolak ke Korea Utara, Kamis malam dan selanjutnya akan menghadapi salah satu klub lokal, April 25 Sports Club, Korea Utara, Sabtu (9/11).

"Cuaca dingin adalah salah satu tantangan terberat kami selama di China. Makanya, kami memilih Korea Utara untuk melakukan adaptasi sebelum menjalani pertandingan resmi," kata pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F Tiago usai memimpin latihan terakhir di Jakarta, Kamis.

Untuk mengantisipasi dinginnya cuaca baik di Korea Utara maupun China, Jacksen meminta kepada pemain untuk mempersiapkan diri dengan baik termasuk mempersiapkan perlengkapan pendukung seperti jaket, kaos lengan panjang, penutup kepala maupun sepatu dengan beberapa jenis pull.

Saat menghadapi China, anak asuh Jacksen F Tiago dihadapkan dengan cuaca yang cukup dingin yaitu sekitar delapan derajat celsius. Bahkan, Zulham Zamrun dan kawan-kawan akan bertanding di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

"Persiapan ke China harus matang. Pengalaman saat membawa Persipura. Saat itu hanya mempersiapkan teknis saja, dan tidak memikirkan perlengkapan pendukung. Akhirnya kami kesulitan mengembangkan permainan," katanya menambahkan.

Sebelum bertolak ke Korea Utara, Tim Garuda telah menjalani pemusatan latihan yang cukup lama. Selain di Jakarta, Victor Igbonefo dan kawan-kawan juga digembleng di Kota Batu, Jawa Timur. Selain itu juga melakukan pertandingan ujicoba internasional.

Modal bagus bagi Boaz Solossa dan kawan-kawan adalah motivasi yang tinggi setelah timnas mampu mengalahkan Kirgistan pada pertandingan ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Saat itu timnas mampu menang 4-0.

Kemenangan yang diraih Timnas Garuda didapat setelah Jacksen F Tiago mencoba formasi baru dengan menurunkan duet lini depan, Samsul Arif dan Zulham Zamrun. Dengan demikian, pelatih asal Brasil ini memiliki banyak opsi selain menurunkan duet Boaz Solossa-Titus Bonai.

"Sekarang banyak pilihan. Makanya kami akan terus bereksperimen sebelum pertandingan resmi nanti. Yang jelas kita harus mendapatkan hasil terbaik," kata pelatih yang membawa Persipura menjuarai ISL musim 2012/2013 itu.

Guna menjalani pertandingan ujicoba ke Korea Utara dan menghadapi China, Jacksen F Tiago membawa 24 pemain yaitu Dian Agus Prasetyo, Choirul Huda, Hasim Kipuw, Ruben Sanadi, Slamet Nur Cahyono, Raphael Maitimo, Taufiq, Ahmad Bustomi, Ahmad Jupriyanto.

Selanjutnya Victor Igbonefo, M Roby, Wahyu Ngurah Nanak, Toni Sucipto, Fachruddin, I Made Wirawan, Supardi, Benny Wahyudi, , Boas Solossa, Titus Bonai, Zulham Zamrun, Juan Revi, Tantan dan M Nur Iskandar.

Sementara itu pada klasemen sementara Grup C, Timnas Indonesia baru mengumpulkan satu poin dari tiga pertandingan. Poin itu didapat saat menahan imbang China, 1-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta beberapa waktu lalu.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013