kita bisa membangun 50 liter pertama, ke depan kita bangun lagi 50 liter kedua untuk melayani sekitar 5.000 pelanggan di wilayah Bogor Selatan
Kota Bogor (ANTARA) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor, Jawa Barat, kini memiliki Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) baru bernama Cipinang Gading di Kelurahan Mulyaharja, yang bisa melayani sekitar 5.000 pelanggan air bersih di Kecamatan Bogor Selatan.

Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Rino Indira di Kota Bogor, Selasa, mengatakan SPAM Cipinang Gading ini merupakan program peningkatan layanan dan pengembangan Perumda Tirta Pakuan.

Tujuan Pembangunan SPAM ini, kata Rino, untuk memberikan layanan air bersih kepada warga di Kecamatan Bogor Selatan.

Selama ini warga memanfaatkan sumber air dari air tanah, mata air yang mengalir dari gunung dan sungai yang kualitas airnya belum diketahui.

“Alhamdulillah kita bisa membangun 50 liter pertama, yang ke depannya kita bangun lagi 50 liter kedua untuk melayani sekitar 5.000 pelanggan di wilayah Bogor Selatan,” katanya.

Baca juga: Tagihan air masjid-mushala di Kota Bogor digratiskan selama Ramadhan

Baca juga: Perumda Tirta Pakuan imbau matikan meteran saat mudik


SPAM ini, kata Rino, sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari melalui proses dan kajian panjang bertahun-tahun hingga bisa dilaksanakan pembangunannya pada tahun 2022.

Dengan kolaborasi antara Pemkot Bogor, pemerintah pusat, Inpres, DPRD, perbankan serta didukung oleh aparatur wilayah dan masyarakat, pembangunan SPAM Cipinang Gading bisa terlaksana hingga diresmikan dan dioperasikan.

“Jadi waktu itu kami mulai mencari dan memprakarsai bagaimana membangun secara keseluruhan, kita siapkan proyek itu secara komplit dibantu oleh Bappeda, kemudian kita mendapatkan beberapa skema bantuan dan pembiayaan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rino mengatakan sejak tahun 2015 di sekitar Mulyaharja pihaknya tidak pernah menerima pengajuan pemasangan baru. Kini dengan hadirnya SPAM Cipinang Gading Tirta Pakuan sudah melayani 400 sambungan baru kepada warga dan satu hotel di wilayah BNR sudah bisa dilayani.

“Mudah-mudahan dengan kita layani ini ekonomi di Bogor Selatan terus bergerak dan ekonomi Mulyaharja ini akan terus bergerak menuju kondisi lebih baik, meningkatkan kualitas hidup warga, menurunkan angka stunting dan pengentasan BAB sembarangan,” ujarnya.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga, SPAM Cipinang Gading juga membuat pemberdayaan masyarakat yang akan dilibatkan melalui aktivitas kegiatan pembersihan dan penjagaan sungai yang dijalankan secara periodik. Sehingga pada akhirnya muncul kesadaran warga akan pentingnya menjaga kelestarian sungai dengan tidak membuang sampah.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengapresiasi kinerja dari jajaran Direksi Perumda Tirta Pakuan dan segenap karyawan, sebagai ikhtiar untuk meningkatkan kualitas penyediaan air minum oleh Perumda Tirta Pakuan.

“Karena ini tidak mudah membangun kolaborasi dengan semua ini, tetapi dicatat ini 5.000 yang fokus untuk pelanggan di Bogor Selatan, khususnya di Mulyaharja,” ucapnya.

Menjelang akhir masa jabatan, Bima memberikan lima pesan untuk kemajuan Tirta Pakuan. Yakni, akselerasi peningkatan layanan dengan tren pertumbuhan penduduk, kedua peningkatan infrastruktur mana saja yang perlu digenjot, lalu meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Pesan keempat, Bima berpesan kepada Perumta Tirta Pakuan agar meningkatkan kinerja perusahaan melalui "leadership" yang baik sehingga terus meningkatkan performa perusahaan.

"Kelima adalah regenerasi dari karyawan Tirta Pakuan harus dijaga dan diurus oleh orang yang betul-betul mengerti air, bukan hanya sekedar akomodasi saja,” kata Bima.

Baca juga: Pemkot Bogor pasang rambu pemberhentian angkot listrik jelang uji coba

Baca juga: Pasar Jambu Dua dan Pasar Sukasari dicanangkan jadi pasar bersih


Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024