Jakarta (ANTARA) - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Mitra Kemaslahatan Dewan Masjid Indonesia (DMI) melakukan revitalisasi atau perbaikan 20 masjid dan mushalla terminal di empat provinsi di Pulau Jawa.

"Tahun ini BPKH kembali menyalurkan bantuan Program Berkah Ramadhan Revitalisasi 20 Masjid Terminal untuk empat wilayah provinsi di Pulau Jawa," ujar Kepala BPKH Fadlul Imansyah dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Program kemaslahatan itu dilakukan jelang pelaksanaan mudik Lebaran 1445 H/2024 M. Total anggaran program yang telah didistribusikan yaitu sebesar Rp1,7 miliar untuk revitalisasi 20 masjid dan mushalla tersebut.

Menurut Fadlul, revitalisasi telah rampung dilaksanakan, sehingga pemudik dapat langsung memanfaatkannya dalam perjalanan menuju kampung halaman.

Menurut Fadlul, bantuan itu bersumber dari nilai manfaat hasil pengembangan Dana Abadi Umat (DAU) yang digunakan sepenuhnya untuk kemaslahatan umat yang nilai pokoknya tetap ada dan terus bertambah.

"Dengan demikian, tidak ada dana setoran awal yang digunakan untuk kegiatan kemaslahatan. Semoga kehadiran program kemaslahatan ini dapat menjadi manfaat untuk memberikan kemudahan bagi umat," katanya.

Ketua Umum DMI Jusuf Kalla mengapresiasi langkah BPKH yang kembali membantu dan berkomitmen dalam menyalurkan kemaslahatan serta merevitalisasi masjid dan mushalla, karena akan bermanfaat bagi pemudik.

"Sebagaimana kita ketahui, terminal adalah tempat para musafir menunaikan ibadah wajibnya lewat jama maupun qasar, apalagi jelang musim mudik ini," katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama Kamarudin Amin memberikan apresiasi kepada BPKH dan DMI atas kontribusi untuk peningkatan sarana ibadah dan program tersebut.

"Inilah peran yang penting untuk kita mainkan dalam peningkatan kualitas masjid dalam meningkatkan kualitas beragama di Indonesia," kata dia.

Baca juga: Komisi VIII minta BPKH tingkatkan realisasi program kemaslahatan

Baca juga: Komisi VIII DPR ingatkan dana kemaslahatan BPKH harus untuk masyarakat

Baca juga: Dewas: Kinerja BPKH tahun 2023 dalam kategori baik

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024