Tokyo (ANTARA) - Pusat kota Tokyo mencatat rekor suhu tertinggi untuk bulan Maret, yaitu 28,1 derajat Celsius, pada Minggu (31/3), menurut Badan Meteorologi Jepang (Japan Meteorological Agency/JMA).

Suhu tinggi bagai musim panas itu tercatat pada pukul 13.32 waktu setempat di Chiyoda Ward yang berada di jantung ibu kota Jepang tersebut, menandai suhu tertinggi untuk Maret sejak dimulainya pengumpulan data pada 1876, kata JMA.

Kenaikan suhu sebagian besar terjadi di wilayah Kanto-Koshin di Jepang bagian timur dan tengah akibat sistem bertekanan tinggi, dengan total lebih dari 60 lokasi melaporkan rekor suhu tertinggi untuk bulan Maret pada Minggu, menurut JMA.

JMA mengatakan suhu yang mencapai 28,6 derajat Celsius tercatat di Fuchu, pinggiran kota Tokyo, pada sore hari, menjadi suhu terpanas di lokasi tersebut untuk bulan Maret.

Kota-kota lain, termasuk Yokohama di Tokyo selatan, Otsuki di Prefektur Yamanashi, Tokyo barat, dan Miyazaki di Jepang barat daya, juga mencatat suhu yang mencapai 25 derajat Celsius atau lebih, yang didefinisikan oleh para pejabat di bidang cuaca sebagai "hari musim panas".

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024