Ekonomi China membukukan awal yang kuat pada kuartal pertama 2024, menurut laporan Bank of China (BOC), Senin (1/4), dengan perkiraan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) sekitar 4,8 persen secara tahunan (year on year/yoy).
Beijing (ANTARA) - Ekonomi China membukukan awal yang kuat pada kuartal pertama 2024, menurut laporan Bank of China (BOC), Senin (1/4), dengan perkiraan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) sekitar 4,8 persen secara tahunan (year on year/yoy).

Dari faktor eksternal, permintaan global menggeliat dan sentimen perdagangan internasional meningkat yang berkontribusi pada kembalinya pertumbuhan ekspor China, kata laporan tersebut.

Secara internal, momentum pertumbuhan intrinsik ekonomi semakin kuat seiring konsumsi yang lebih baik dari perkiraan. Kemudian investasi manufaktur mengalami akselerasi, produksi juga pulih, dan tren peningkatan transformasi industri yang sudah terlihat.

Laporan tersebut memperkirakan bahwa pertumbuhan PDB China untuk kuartal kedua akan berada di kisaran 5,1 persen.

Melihat ke depan untuk kuartal II 2024, potensi konsumsi jasa diperkirakan akan semakin meningkat.

Di sisi lain, kebijakan fiskal diatur untuk meningkatkan dukungannya secara signifikan dengan memanfaatkan beragam instrumen kebijakan yang komprehensif guna membantu mempertahankan tingkat pertumbuhan yang tinggi dalam investasi infrastruktur, demikian laporan tersebut.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024