kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik
Jakarta (ANTARA) - KSO Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) melakukan persiapan komprehensif menjelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah untuk memberikan kenyamanan dan keamanan penumpang.

"Persiapan yang dilakukan mencakup aspek operasional dan komersial guna memastikan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi semua penumpang," kata Humas Bandara Halim Perdanakusuma Nadia Putri Andrian di Jakarta, Selasa.

KSO HLP merupakan entitas kerja sama operasional antara PT Angkasa Pura II dengan PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS) sejak awal 2023 sebagai pengelola Bandara Halim Perdanakusuma.

Dijelaskan, persiapan dalam sisi operasional, yakni melakukan pengecekan landasan (runway) dan pengecekan fasilitas sisi terminal dan sisi udara.

Baca juga: Penumpang diminta gunakan Terminal Kalideres saat mudik

"Otoritas Bandara dan Kementerian Perhubungan telah melakukan pengecekan menyeluruh pada 'runway' Bandara Halim Perdanakusuma pada 19 Maret - 23 Maret 2024. Ini untuk memastikan keamanan dan keandalan operasional penerbangan," kata Nadia.

Tak hanya itu, Bandara Halim Perdanakusuma akan melaksanakan kampanye keselamatan di sejumlah fasilitas sejak Senin (1/4) hingga Kamis (4/4). Baik itu, kampanye keselamatan di area apron, terminal, maupun kampanye keselamatan umum.

'Tujuan dari kampanye ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan protokol keselamatan dan memastikan pemenuhan standar operasional yang tinggi," katanya. 

Bandara Halim Perdanakusuma pun telah melaksanakan "Stress Test Catu Daya Listrik" untuk memastikan ketersediaan dan keandalan pasokan listrik selama periode angkutan Lebaran.

Baca juga: Jelang mudik, jumlah penumpang di Terminal Pulogebang mulai meningkat

"Tindakan proaktif ini bertujuan untuk mengatasi potensi masalah dan memastikan kelancaran operasional," ujar Nadia.

Untuk meningkatkan pengalaman berharga bagi penumpang, tambah dia, pihaknya menyiapkan 7.500 takjil yang akan dibagikan kepada penumpang kedatangan 30-60 menit sebelum waktu berbuka puasa.

Selain itu, bandara juga akan memberikan sumbangan kepada masjid yang berada di sekitarnya.

Untuk mengatasi penumpukan saat arus mudik, Bandara Halim Perdanakusuma juga akan menambah armada transportasi darat lanjutan.

Baca juga: KAI Daop 1 Jakarta menyediakan 1.677 kereta api untuk angkutan mudik

"Dengan persiapan yang matang dan komprehensif ini, kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada semua penumpang yang melakukan perjalanan selama musim angkutan Lebaran," demikian Nadia.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024