melalui aliran sungai ini
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Utara memfasilitasi puluhan masyarakat untuk mudik ke Muara Gembong Bekasi dengan menggunakan perahu dari Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. 

"Hari ini mudik terakhir sebelum Idul Fitri dan kami berupaya memberikan pelayanan mudik gratis kepada masyarakat," Kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan biasanya masyarakat mudik dengan pesawat, mobil, kapal atau sepeda motor tapi saat ini agak berbeda karena mudik menggunakan perahu menuju kampung halaman.

Perahu ini, lanjutnya diberangkatkan dari Tanggul Drainase Kampung Nelayan Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing Jakarta Utara menuju Muara Gembong Bekasi.

"Mereka kami berangkatkan ke kampung halaman melalui aliran sungai ini," kata dia.

Baca juga: Sensasi mudik menggunakan kapal laut Ambon - Jakarta

Menurut dia, ini merupakan bentuk perhatian kepada masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman.

"Setiap jiwa dalam negara ini sangat berharga dan kami berupaya membantu mereka bertemu keluarga saat Hari Raya Idul Fitri ini," kata dia.

Lulusan Akademi Kepolisian 1996 ini mengatakan yang ikut mudik gratis saat ini ada yang dari Bogor datang ke Cilincing mudik menggunakan perahu ini.

"Total jumlah pemudik 60 orang dengan dua unit perahu dengan nama lambung Sinar Ada dan Sri Cahaya," kata dia.

Kapolres Metro Jakarta Utara juga memberikan bingkisan Lebaran kepada seluruh pemudik dan bekal berbuka puasa nanti.

Baca juga: Dishub DKI kerahkan puluhan petugas pengatur lalu lintas di terminal

"Kami sudah cek perahu dan kondisi awak dan perahu dalam keadaan laik" kata dia.

Dirinya berharap masyarakat ini dapat sampai di kampung halaman dengan selamat dan bertemu dengan keluarga untuk merayakan Hari Kemenangan dengan sukacita.

"Kami mengawal dan memastikan keselamatan dari awak perahu dan penumpang yang ikut dalam rombongan mudik ini," kata dia.

Pengakuan sejumlah pemudik menyebutkan, menggunakan jalur laut/perahu menghemat waktu sekitar 30 menit hingga satu jam karena jika menggunakan jalur darat (sepeda motor) bisa dua jam perjalanan.

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024